Knalpot Racing Sakti GSX-R150, Performa & Suara Mantap, Bensin Irit Tanpa Ubah ECU

Mohammad Nurul Hidayah - Sabtu, 10 Februari 2018 | 13:14 WIB
Di desain khusus untuk Suzuki GSX-R150
Istimewa
Di desain khusus untuk Suzuki GSX-R150

MOTOR Plus-online.com - Aloysius Dimas Permana, salah satu member GCI (GSX Club Indonesia) chapter Surabaya terlihat puas dengan knalpot racing (free flow) ‘sakti’ yang terpasang pada Suzuki GSX-R150 warna biru lansiran 2017 besutannya.

“Suaranya dapet! Enggak terlalu keras, tapi juga enggak terlalu halus. Selain itu performanya oke, dan enggak bikin boros bensin karena tanpa ubah setting ECU,” buka pria yang akrab disapa Luis. 

Ia juga menyebut merek knalpot ini Doctor X, yang dibelinya satu paket (full system, DB Killer, & adaptor silencer Satria FU) seharga Rp 1 juta.

Ketika ditanyakan pada Nur Basuki selaku R&D dari Doctor X, yang menjadi kelebihan dari knalpot ini adalah fitur Power Bomb (patent by FMF).

(BACA JUGA : Upgrade Performa, Masih Minum Premium Tenaga Honda Scoopy Naik 3 Dk)

Dilengkapi dengan fitur Power Bomb
Istimewa
Dilengkapi dengan fitur Power Bomb
Di kalangan biker atau tukang knalpot lebih popular dengan istilah Powerboom.

“Sebenarnya fitur berupa tabung pada leher knalpot ini sudah dipakai motor-motor lama seperti Suzuki RC100 (2-tak), Bajaj Pulsar atau Yamaha Byson," buka Nur Basuki.

"Dan yang menarik, motor-motor keluaran baru sekarang pun banyak yang pakai. Seperti Honda All New CB150R, All New CBR150, dan Yamaha All New Vixion. Cuma enggak terlihat karena posisinya tidak dipasang di leher knalpot bagian depan, tapi disembunyikan di bawah,” tuturnya.

Labih lanjut Nur Basuki menjelaskan, fungsi fitur Powerboom itu adalah mengurangi gejala berebet yang disebabkan oleh AFR (Air-to-Fuel Ratio atau perbandingan bahan bakar dan udara) terlalu miskin atau kaya.

Pada GSX-R150 yang sudah diganti knalpot freeflow terjadi di kisaran 2500-4000 rpm.

(BACA JUGA : Suara RX-King Pakai Knalpot Udang Ini Bikin Terjebak Sama Masa Lalu)

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular