Wah, Ternyata Dishub Enggak Bisa Main Tilang Kalau Enggak Ada Pihak Ini

Arseen - Rabu, 14 Februari 2018 | 08:31 WIB
okeinfo.net

MOTOR Plus-online.com - Kita sebagai pengguna jalan, apalagi di Ibu Kota Jakarta

Belakangan ini pasti loe sering menemukan ada dua petugas yang lagi melakukan razia.

Mereka adalah Polantas (Polisi Lalu Lintas) dengan petugas Dishub (Dinas Perhubungan).

Sekilas loa pasti berpikir, tugas mereka sama. Pasalnya mereka suka berdiri di perempatan lampu merah, ngatur arus biar gak macet.

(BACA JUGA: Modal Time 6,8 Detik, Kawasaki Z1000 Ini Cari Penantang di Jalur 201 Meter!)

Tapi sebenernya, Polantas dan Dishub memiliki koordinasi yang berbeda.

Kasubdit Standarisasi Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri Komisaris Besar Polisi Kingkin Winisuda mengatakan setiap petugas Dishub yang melakukan razia haruslah didampingi Polri.

"Di jalan umum POLRI, bila ada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan razia di jalan umum harus didampingi oleh Polri tanpa terkecuali," kata Kingkin kepada di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

"Karena yang berwenang menghentikan ranmor di jalan umum hanya Polri, setelah ranmor sudah berhenti baru petugas Dishub melakukan pemeriksaan sesuai kewenangannya berkaitan dengan persyaratan teknis dan layak jalan (Kier)," bebernya.

Tidak hanya petugas Dishub dan DLLAJ saja, petugas Dinas Pendapatan Daerah atau yang dikenal dengan sebutan Dipenda dapat melakukan razia kendaraan.

"Dispenda pun dapat melakukan pengecekan berkaitan dengan pajak ranmor (penungak pajak)," ucapnya.

"Namun setelah kelengkapan administrasinya (STNK dan SIM) dicek oleh petugas Korlantas Polri kemudian diserahkan ke petugas Dispenda," tegasnya lagi.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.