Gara-gara Masyarakat Gagal Paham Soal Rem, Angka Kecelakaan Masih Tinggi!

Mohammad Nurul Hidayah - Selasa, 27 Februari 2018 | 19:01 WIB
Instagram @satlantas_polres_paser
Ilustrasi foto kecelakaan motor

MOTOR Plus-online.com - Sampai saat ini angka kecelakaan kendaraan di Indonesia baik motor ataupun mobil masih tinggi.

Tentu banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan ini bisa terjadi.

Di samping faktor ketaatan dalam berlalu lintas, ternyata salah persepsi soal mengerem juga disebut sebagai salah satu penyebabnya.

Hal tersebut diungkapkan trainer Indonesia Safety Driving Center (ISDC) Norman Syam, yang menilai banyak masyarakat yang masih tak paham soal prinsip mengerem.

Menurut Norman, tindakan mengerem kerap dilakukan masyarakat secara tiba-tiba saat panik, tujuannya tentu untuk menghentikan kendaraan.

(BACA JUGA: Didekati UCET Bikers Langsung Kocar-kacir.. Ternyata Ini Alasannya)

Rupanya prinsip tersebut ternyata salah menurut Norman.

Pasalnya mengerem secara tiba-tiba akan membuat kendaraan makin sulit dikontrol karena ban bisa tergelincir, apalagi bila sistem pengereman belum dibekali ABS.

Norman juga menjelaskan bahwa tindakan itu dilakukan karena masyarakat berpikir bahwa rem adalah untuk menghentikan kendaraan.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.