Jalanan Sadis! Meleng Dikit Minimal Masuk Rumah Sakit Nih, Longsor Cuma Ditutup Terpal

Arseen - Senin, 5 Maret 2018 | 15:54 WIB
Kompas.com
Jalan ambles sepanjang 30 meter di Desa Soreang Palipi, Kecamatan Banggae, Majene, Sulawesi Barat, hanya ditutupi terpal untuk hindari pengendara terperosok jurang

MOTOR Plus-online.com - Sisi terluar jalan yang longsor ini beresiko bikin makan korban pengendara. 

Bahayanya jalanan ini terlihat sisi jalan terluar mengarah ke jurang dan dalam kondisi longsor.

Bayangkan, bagian sisi jalan yang longsor hanya ditutup terpal.

Jalur lintas barat Sulawesi yang ambles sepanjang 30 meter di Desa Soreang Palipi, Kecamatan Banggae, Majene, Sulawesi Barat, hanya ditutupi plastik terpal untuk menghindari pengendara terperosok ke jurang sedalam 20 meter lebih.

(BACA JUGA: Wakwaw.. Muncul Foto KTM MotoGP Pakai Livery Tech3, Kok Desainnya Beda?)

Meski kondisi jalan yang rusak ini membahayakan para pengendara, namun hingga kini pemerintah belum memberi alternatif jalan yang lebih aman.

Pemerintah melalaui Dinas Pekerjaan Umum kesulitan membuat jalan alternatif yang lain lantaran salah satu sisi jalan adalah jurang dalam, sementara sisi lainnya pegunungan.

MOTOR Plus
Jakarta Motogarage 2018
Agar pergerakan tanah yang terus bertambah luas dan merosot makin dalam tidak semakin parah, pemerintah setempat hanya menutupi jalan ambles dengan plastik terpal agar pengendara yang lalu lalang, terutama pada malam hari, tidak sampai terperosok ke jurang yang ada di salah satu sisi jalan.

Cara ini juga diharapkan bisa menahan laju pergerakan tanah yang merosot, terutama saat hujan deras.

“Ini sangat membahayakan pengguna jalan. Pemerintah harus segera mencari alternatif jalan lain untuk menghindari kecelakaan,” jelas Akbar, salah satu warga pengguna jalan.

Lokasi ambles ini memakan korban.

Terakhir pekan kemarin, sebuah truk Fuso bermuatan cangkang kelapa sawit nyaris terguling di lokasi lantaran ban di salah satu sisinya ambles.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cegah Pengendara Masuk Jurang, Jalan Ambles 30 Meter Hanya Ditutupi Terpal

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.