Gokil.. Sehari Ada 900 Biker Yang Nekat Trabas JLNT Casablanca, Kenapa?

Arseen - Selasa, 6 Maret 2018 | 07:32 WIB
Kompas.com

MOTOR Plus-online.com - Sehari ada 903 pengendara sepeda motor ditilang karena nekat melintasi Jalan Layang Non-tol (JLNT) Casablanca bilang Kombes Halim Pagarra Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Pihaknya melakukan razia Ratusan pengendara sepeda motor itu ditilang pada Sabtu (3/3/2018).

"Jadi, meski ada rambu-rambu di JLNT, masyarakat memang cenderung melakukan pelanggaran. Contohnya saja kemarin terjadi 903 pelanggaran, pada hari Sabtu, itu satu hari saja, dengan jumlah pelanggaran melawan arus sebanyak 361, melanggar 542," ujar Halim di Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Halim menilai, masih banyak pengendara yang tidak disiplin dalam berlalu lintas.

(BACA JUGA: Sejarah Baru MotoGP Ada di Tim Tech3, Ajib Banget Kontraknya Bosku)

Rata-rata alasan pengendara melintas di JLNT karena menghindari macet.

"Pertama, kurang disiplinnya pengguna jalan. Kedua, JLNT ini dijadikan jalan pintas, mereka tidak mau repot menggunakan jalan arteri, malah memilih JLNT," ucap Halim.

Halim menerangkan, sangat berbahaya jika sepeda motor melintas di JLNT.

Sebab, JLNT didesain untuk kendaraan roda empat.

Baca juga: Ratusan Motor Berhenti dan Penuhi JLNT Casablanca Selasa Pagi, Mengapa?

"Memang konstruksinya untuk kendaraan roda empat dengan kecepatan yang tinggi. Kalau roda dua lewat, bisa terjadi kecelakaan karena angin kencang. Jadi ketinggiannya menyebabkan terpaan angin menjadi lebih kencang untuk kendaraan roda dua," kata Halim. Halim mengatakan telah memerintahkan anggotanya untuk selalu melakukan operasi di JLNT tersebut.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dalam Sehari, 900 Sepeda Motor Nekat Melintas di JLNT Casablanca")

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.