Kenalin Nih Mbahnya Kawasaki Ninja H2, Pelopor Motor Bermesin Turbo dan Supercharger

Mohammad Nurul Hidayah - Rabu, 14 Maret 2018 | 13:14 WIB
raresportbikesforsale.com
Pelopor motor bermesin turbocharger

MOTOR Plus-online.com - Tahun 2014 lalu Kawasaki bikin geger dengan hadirnya Ninja H2 dan H2R yang mengusung teknologi forced induction supercharger.

Ya, teknologi ini menggunakan kompresor udara untuk meningkatkan tekanan, temperatur dan kepadatan dari udara untuk dicampurkan dengan bahan bakar, dan ampuh dalam memompa tenaga jauh lebih besar.

Lihat saja Ninja H2R yang dianggap sebagai motor produksi massal paling powerful sampai saat ini dengan tenaga maksimum mencapai 310 hp.

Bahkan motor yang hanya boleh dipakai di lintasan tertutup ini bisa tembus 326 hp dengan menggunakan ram air.

(BACA JUGA : Aje Gile! Kawasaki Ninja H2 Ini Dimodifikasi Ala Thailook Sob, Bannya Ban Cacing..)

Sementara untuk Ninja H2 yang merupakan versi street legal (boleh dipakai di jalan raya), punya tenaga 200 hp, dan 210 hp dengan ram air.

Bisa begitu karena Ninja H2 ini mengusung mesin 1000cc yang dilengkapi dengan supercharger.

Nah jauh sebelum lahirnya Ninja H2 dan H2R, Kawasaki sebenarnya telah memproduksi motor jalan raya dengan teknologi serupa, turbocharger.

Adalah Kawasaki Z1R-TC yang dibuat tahun 1978 dan dijual melalui dealer Kawasaki mulai 1979 yang bisa dibilang sebagai ‘mbahnya’ Ninja H2.

raresportbikesforsale.com
Sudah pakai teknologi turbocharger
Motor yang diproduksi hanya 250 unit oleh Turbo Cycle Corporation (partner Kawasaki) dan mempunyai tenaga maksimum 180 hp itu dianggap sebagai motor dengan teknologi forced induction pertama yang dipasarkan oleh pabrikan Jepang.

(BACA JUGA : Belum Pernah Dengar? Ini Video Suara Sangar Supercharger Kawasaki Ninja H2)





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.