Cara Gampang Bikin Rumah Kunci Lancar Lagi, Buktikan Sebelum Ompong

Mohammad Nurul Hidayah - Sabtu, 14 April 2018 | 15:38 WIB
Reyhan Firdaus
Ilustrasi rumah kunci motor

MOTOR Plus-online.com - Rumah kunci beserta kuncinya, tentu sangat penting bagi kendaraan bermotor. Terutama sebagai alat pengaman.

Namun, keberadaannya kurang diperhatikan, alias minim perawatan.

Kan kalo cewek enggak diperhatikan, pasti ngambek he.. he... Nyambung enggak ya? Yo wis kembali ke laptop eh rumah kunci.

Di dalam rumah kunci ini, terdapat komponen yang terbuat dari besi, kuningan dan aluminium.

"Bila digunakan tanpa ada pelumasan, gesekan yang terjadi antara rumah kunci dan kunci akan lebih cepat ompong, dengan kata lain saling mengikis," kata Junaedi, specialis kunci.

(BACA JUGA : Kreatif.. Builder Nasional Ditantang Bikin Motor Bebas Bete Biar Riding Tambah Asik)

Selain itu, komponen pelindung kunci seperti sistem shutter key seret, bahkan macet.

"Sistem shutter keys juga perlu sedikit perawatan, karena rentan terkena air hujan dan debu yang menempel, akibatnya seret ketika dibuka atau ditutup,"tambah pria berkaca mata ini.

Perawatannya bisa dilakukan sekitar 5-10 menit saja.

Bila kantong masih berisi alias punya duit, bisa tebus cairan penetran terlebih dahulu yang banyak dijual di bengkel harganya sekitar Rp 10 - 20 ribu.

Atau hanya mengandalkan oli baru sisa ganti oli, tapi awas jangan pakai oli bekas karena banyak geram dan kotoran, niatnya pengin lancar malah tambah seret.

(BACA JUGA : Biar Aman dan Enggak Ditilang, Ini Syarat Motor yang Sudah Dimodifikasi Menurut Polisi)





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular