Banyak yang Gagal Paham.. Ini Fungsi Sebenarnya Slipper Clutch di Motor Sport

Mohammad Nurul Hidayah - Jumat, 4 Mei 2018 | 11:26 WIB
Yamaha
Slipper Clutch Yamaha V-Ixion

MOTOR Plus-online.com - Masih banyak yang gagal paham dengan teknologi terbaru yang mulai disematkan di motor-motor berkapasitas kecil.

Contohnya seperti fitur Slipper Clutch yang disematkan pada All New Yamaha R15 dan sport 250 cc terbaru Kawasaki New Ninja 250.

"Slipper clutch membantu saat terjadi engine brake, jadi hentakannya lebih halus kalau dibandingkan tanpa slipper clutch," buka Eddy Yulianto, Chief Mechanic Kawasaki Super Sukses Fatmawati saat ditemui GridOto.com.

Engine brake sendiri biasanya dilakukan untuk mengurangi kecepatan secara tiba-tiba atau mendadak.

(BACA JUGA: Konvoi Kelulusan Berujung Petaka, Siswa SMA Banyak Meregang Nyawa Akibat Kecelakaan)

"Engine brake masih tetap bekerja, hanya saja tidak terlalu menghentak seperti biasanya ketika menurunkan gigi secara tiba-tiba," sambung pria yang berdomisili di Tangerang Selatan ini.

Efek lainnya, karena engine brake-nya jadi lebih halus, maka usia gear, rantai dan juga ban jadi lebih tahan lama, karena hentakan berkurang. 

Selain itu Assist & Slipper Clutch juga bisa meminimalisasi potensi roda mengunci akibat engine brake.

Bukan cuma itu, Assist & Slipper Clutch juga membuat kopling jadi lebih ringan.

"Coba saja bandingin tekan kopling motor yang udah Assist & Slipper Clutch sama yang belum, pasti jauh lebih ringan yang sudah pakai Assist & Slipper Clutch," ujar Eddy.

(BACA JUGA: Johann Zarco Bargabung ke KTM, Marc Marquez Sebut Pembalap Ini Buat Pendampingnya)





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.