Tips Bikin Sok Depan Standar Untuk Balap, Ada Tiga Cara Loh..

Arseen - Minggu, 17 Juni 2018 | 08:05 WIB
Dok M+
Ilustrasi sok buat balap

MOTOR Plus-online.com - Nih bro tips tiga cara sok depan standar untuk balap.

Caranya gimana sok depan standar untuk balap?

"Pertama mengganti per sokbrekernya, cari per yang diameternya sama. Kalau mau seting yang lebih keras, bisa cari yang ulirnya lebih rapat,” terang Ricard Riesmala dari bengkel A2 speed.

Cara sok depan standar untuk balap berikutnya menurut Mpe sapaan Ricard, memainkan suling sok juga penting dalam memaksimalkan suspensi.

(BACA JUGA: Lindungi Sokbreker Depan Dengan Pembungkus Ajaib Ini, Bikin Sil Jarang Rusak!)

“Biasanya lubang suling sok depan diperkecil dengan cara menutup lubang yang lama, lalu dibor ulang. Pakai mata bor 4 mm atau 5 mm. Ini supaya baliknya sok lebih lama atau jadi lebih keras,” imbuhnya.

Cara terakhir sok depan standar untuk balap.

“Kalau sudah di sirkuit, yang bisa kita lakukan adalah memainkan oli sokbrekernya. Biasanya saya bawa oli mesin SAE 20W-50 dan 10W-40. Kalau yang 20W-50 lebih kental dan lebih lama balik soknya. Kalau yang 10W-40 walau lebih encer, tapi bisa tahan lebih lama,” lanjutnya.

Selain kekentalan, takaran oli juga diperhatikan.

(BACA JUGA: Luar Biasah! Penjualan Sokbreker Ohlins di Indonesia Angkanya Bikin Melongo Bros..)

“Takaran oli standar itu 60 ml, kalau pembalap kita bilang sokbrekernya kekerasan maka dikurangi 10-15 ml. Kalau kurang keras ditambah segitu juga. Semua tergantung dari maunya pembalap aja,” tutupnya.

Penulis : Arseen
Editor : Mohammad Nurul Hidayah




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.