Mengejutkan! Ternyata KM Lestari Maju Bukan Tenggelam, Tapi Sengaja Dikandaskan dengan Alasan Ini

Ahmad Ridho - Selasa, 3 Juli 2018 | 21:45 WIB
IG @jktinformasi
KMP Lestari Maju tenggelam di perairan Selayar, Makassar

MOTOR Plus-online.com - Beberapa jam lalu, heboh di media sosial tentang kapal feri KM Lestari Maju yang dikabarkan tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan.

Bahkan dalam sebuah foto, nampak sebuah Honda BR-V dan mobil boks terlihat hanyut dan ditelan samudra.

Sebelum KM Lestari Maju tenggelam, penumpang sempat mengabadikan dalam video kepanikan penumpang dan posisi kapal yang tenggelam serta mobil yang mengapung terbawa arus ombak tinggi.

Selain mengangkut penumpang, KM Lestari Maju tersebut membawa total 48 kendaraan, tediri terdiri dari 18 kendaraan roda dua, 14 kendaraan roda empat, delapan kendaraan golongan lima dan delapan kendaraan golongan enam.

(BACA JUGA: Setelah Menunggu Lama, Akhirnya Motor Merek Jawa 300 cc Resmi Dijual)

Namun ternyata kapal itu bukan tenggelam, tapi memang sengaja dikandaskan.

"Laporan yang disampaikan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukumba disebutkan bahwa kapal tersebut kemasukan air karena cuaca buruk dan oleh nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo dalam siaran pers, Selasa (03/07).

IG @jktinformasi
KMP Lestari Maju tenggelam di perairan Selayar, Makassar

Agus menjelaskan, kapal berpenumpang 139 orang yang dinakhodai oleh Agus Susanto itu sedang menuju Pelabuhan Pamatata dikandaskan sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar.

"Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari nakhoda dibantu kru kapal," tutup Agus.

(BACA JUGA: Bakal Jadi Tandem di Tim Honda, Marc Marquez Malah Berharap Hal Ini Terjadi Pada Jorge Lorenzo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub: Kapal Feri Lestari Maju Sengaja Dikandaskan, Bukan Tenggelam"

Source : Kompas.com
Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.