Kalau Bocor Seperti Ini Sebaiknya Ban Tubeless Diganti, Ini Alasan Pentingnya

Mohammad Nurul Hidayah - Minggu, 8 Juli 2018 | 13:31 WIB
Facebook/Dewa Sakti
Aneh bin ajaib, bukan paku lagi, tapi batang obeng!

MOTOR Plus0inline.comBan tubeless menjadi pilihan utama pengguna kendaraan bermotor karena kelebihannya yang tidak mudah kempis saat tertusuk benda tajam seperti paku atau baut.

Jika kebocoran terjadi, solusi yang biasanya diambil adalah membawa motor ke bengkel ban untuk ditambal.

Buat yang belum tahu, ternyata ada kondisi tertentu nih, di mana ban tubeless pada motor sebaiknya tidak dipakai lagi dengan alasan keamanan.

Kalau dipaksa ditambal, ada resiko besar yang harus diemban bikers.

(BACA JUGA: Pembalap Motocross Muda Indonesia Delvintor Alfarizi Dapat Poin di MXGP Semarang)

"Kalau kebocoran menembus bagian samping atau dinding ban, sebaiknya ban diganti saja karena struktur benang cord di dalam sudah terputus," bilang Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Dept. Head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen FDR Tire kepada GridOto.com (5/7).

Benang cord fungsinya untuk memperkuat struktur karet ban, jadi kalau sudah terputus dapat mengganggu kestabilan motor saat berkendara.

Kondisi lain di mana ban tubeless tidak dianjurkan untuk kembali dipakai adalah jika bagian yang bocor posisinya terlalu dekat dengan bagian ban yang sudah ada tambalan sebelumnya.

"Karena umumnya pengguna ban tubeless menambal dengan cara menusuk ban dari luar, sebaiknya ban jangan dipakai lagi kalau bocornya berdekatan dengan bagian yang pernah ditambal," kata Jimmy.





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.