Masih Ragu, Boleh Enggak Sih Pakai Oli Mesin di Gearbox Matic?

Mohammad Nurul Hidayah - Jumat, 24 Agustus 2018 | 16:05 WIB
motorplus
Oli Girbox Matic Pakai Oli Mesin?

MOTOR Plus-online.com - Sampai sekarang masih banyak pengguna matic yang pakai oli mesin untuk melumasi gearbox.

Padahal, pilihan oli khusus gearbox atau dikenal juga oli CVT untuk matic sudah banyak beredar di pasaran.

“Penggunaan oli mesin untuk gearbox, sah-sah saja. Selagi spesifikasinya sesuai anjuran pabrikan. Perlu sobat perhatikan, pabrikan umumnya merekomendasikan SAE 20W-4," wanti Stephanus Martin, punggawa bengkel Pandu Motor.

"Atau ada juga yang SAE 20W-50. Jadi, kalau mau menggunakan oli mesin untuk oli gearbox, kudu tengok dulu SAE-nya. Karena oli mesin skubek kan ada yang 10W-30,”  tambahnya.

(BACA JUGA : Valentino Rossi Jadi Pesimis Jelang Seri MotoGP Inggris, Hal Ini Membebankan Pikirannya)

“Zaman dulu, sewaktu Yamalube belum bikin oli khusus transmisi, dianjurkan pakai oli mesin juga. Toh, gak ada masalah. Jadi, ya boleh-boleh saja kalau kepepet,” tukas M. Abidin, GM After Sales Service Division dan Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Hal senada dilontarkan Mardiani Indriastuti, dari bagian R&D PT Federal Karyatama, selaku produsen Federal Oil beberapa waktu lalu pada EM-Plus.

“Tidak masalah sih pakai oli mesin. Tapi, sekarang kan sudah banyak pilihan oli khusus gearbox yang formulasinya dirancang khusus untuk transmisi. Jadi, tidak ada salahnya dimanfaatkan.”

Kalau menurut Martin, oli girbox harus sedikit lebih kental.

(BACA JUGA : Cocok Buat di Jakarta, Helm Ini Dilengkapi AC Bisa Sedingin Kulkas )





KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.