Keren, Ternyata Begini Cara Kerja Sistem Injeksi di Motor

Fadhliansyah - Senin, 3 September 2018 | 14:46 WIB
Dok M+
Throttle body bisa jadi penyebab utama motor injeksi susah langsam


MOTOR Plus-online.com - Saat ini, motor-motor keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi injeksi.

Tapi ternyata enggak benar kalau menganggap injeksi itu sebuah komponen seperti karburator.

Pada sistem pengabutan injeksi, terdiri dari berbagai macam komponen seperti throttle body, ECU (Engine Control Unit), injektor, fuel pump, sampai ke sensor-sensor.

Lalu bagaimana sih sistem kerja injeksi?

(BACA JUGA:Grasstrack Tasikmalaya: Satu Tim Boyong 2 Juara Umum, Bertarung Diantara Debu)

Pada dasarnya, prinsip kerja sistem injeksi adalah mengontrol aliran bahan bakar secara elektronik, mulai dari tangki hingga masuk ke ruang bakar.

Aliran bahan bakar ini diproses dalam bentuk kabut dengan volume, sesuai permintaan mesin sehingga teknologi ini lebih irit dari teknologi pengabut bahan bakar karburator.

Otak pengontrolnya adalah ECU (Engine Control Unit) atau di motor-motor Honda biasa disebut ECM (Engine Control Modul).

"Ketika kunci kontak di posisi On, pompa bahan bakar atau fuel pump akan bekerja selama 2 detik dan memberi tekanan pada selang bahan bakar," kata Dwi Wahyono , Technical Training Instructor Astra Motor Yogyakarta.

(BACA JUGA:Awas! Ini Ciri-ciri Minyak Rem Sudah Kadaluarsa Dan Cara Deteksinya)

Setelah mesin di-start, sensor-sensor seperti throttle position sensor (TPS), intake air temperature (IAT), manifold air pressure (MAP), engine oil temperature (EOT), dan O2 sensor memberikan input ke ECM.

"Setelah motor di-starter, pompa bahan bakar akan bekerja kembali dan injektor akan menyemprotkan bahan bakar. Semua kerja sistem injeksi akan di kontrol oleh Engine Control Modul berdasar input-an sensor-sensor," tambah Dwi.

Penulis : Fadhliansyah
Editor : Fadhliansyah




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.