Seamless gearbox Dipatenkan Yamaha, Mau Disuntik Ke Motor Massal Nih?

Arseen - Selasa, 4 September 2018 | 17:18 WIB
Twitter @yamahamotogp
Mekanik Valentino Rossi sibuk memindahkan motor M1 di MotoGP Inggris 2018

MOTOR Plus-online.com - pertama Honda yang menjadi pemakainya, lalu semua pabrikan juga menggunakannya, Seamless gearbox sudah lama digunakan di motor MotoGP.

Teknologi ini membuat motor prototipe MotoGP nomor satu ini bisa berpindah transmisi tanpa menarik tuas kopling dan tidak merusak power delivery.

Nah, baru-baru ini, Yamaha dikabarkan sedang mengurus hak paten pembuatan transmisi seamless ini.

Hak paten ini sangat rumit, tapi secara umum, tujuan dari paten yang diklaim Yamaha adalah membuat transmisi serupa seamless di MotoGP.

(BACA JUGA: Mungkinkah Honda Akan Hadirkan CB150R Exmotion Buat Lawan Yamaha MT-15?)

Dilansir dari Visordown.com, teknologi yang dipatenkan Yamaha ini didesain untuk membuat aliran tenaga yang konstan bahkan saat melakukan pergantian transmisi.

Visordown.com
Desain paten seamless transmision Yamaha

Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya bahwa hal seperti ini sudah ada di motor produksi dengan adanya peranti berupa quickshifter.

Tapi pada kenyataanya peranti quickshifter masih memutus penggerak saat melakukan transmisi.

Sedangkan transmisi yang benar-benar seamless saat ini baru berupa sistem CVT (continuously variable transmission) seperti di motor matic dan juga sistem DCT (Dual Clutch Transmission) milik Honda.

(BACA JUGA: Cara Paling Gampang Buat Bikin Pendek Yamaha Lexi)

Desain dari Yamaha ini sepertinya memungkinkan dua gir bergerak secara bersamaan sehingga penggerak bisa berpindah tanpa menghilangkan aliran tenaga.

Saat ini satu-satunya sistem transmisi seamless di MotoGP yang sudah terbongkar adalah miliki Aprilia, yakni menggunakan Zeroshift yang diproduksi Zeroshift Transmissions.

Sedangkan pabrikan lain tetap menjaga kerahasiaan sistem transmisi seamless mereka.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.