Trik Pasang Extra Fan di NMAX dan Aerox Bore Up, Hasilnya Yahud!

Arseen - Selasa, 4 September 2018 | 18:12 WIB
Dok.M+
Trik Pasang Extra Fan di NMAX (Gbr.1)

MOTOR Plus-online.com - Banyak speed junkie atau penikmat kecepatan memilih Yamaha NMAX ataupun Aerox untuk memuaskan hasrat ngebut.

Langkah bore up cara untuk meningkatkan power motor secara signifikan, namun kendala overheat jadi momok menakutan saat motor sudah bore up.

Kapasitas silinder besar membuat panas mesin jauh lebih tinggi.

Eits, jangan takut bor! Panas mesin bisa kok dikurangi dengan extra fan kustom berdaya 15 watt.

(BACA JUGA: Lampu Depan Kusam dan Kekuningan? Ikuti 6 Langkah jitu Ini, Dijamin Kinclong)

Dok.M+
Trik Pasang Extra Fan di NMAX (Gbr.2)
Nah, Annas Qoribi dari BRN Technical dan Davi dari Monyet Retro berkolaborasi membuat kipas tambahan yang bisa diatur otomatis.

Kipas akan hidup bila suhu mesin mencapai 90 derajat dan akan berhenti bila suhu sudah turun sampai 80 derajat celcius (gbr. 1).

Dok.M+
Trik Pasang Extra Fan di NMAX (Gbr.3)
Agar kipas dari Panasonic bisa berputar di suhu yang diperlukan, diperlukan modul elektronik yang dibuat khusus (gbr. 2).

“Modul ini dirancang sendiri dengan algoritma yang diseting lewat komputer dan diset pada suhu 90 derajat kipas akan berputar,” ucap Baron sapaan akrab Annas Qoribi (gbr. 3).

(BACA JUGA: Tegangan Aki Kamu Di Bawah Angka Segini? Tandanya Aki Harus Diganti)

Sensor khusus untuk membaca suhu mesin ditempatkan langsung di samping radiator yang ditempel menggunakan aluminium foil yang bersifat menyerap panas radiator tersebut (gbr.4).

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.