Hebat, Tri Rismaharini Punya Resep Jitu Atasi Kemacetan Parah di Surabaya, Pakai Konsep ITS

Ahmad Ridho - Minggu, 7 Oktober 2018 | 09:20 WIB
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini bersama Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance.

MOTOR Plus-online.com - Kemacetan salah satu permasalahan yang selalu dibahas banyak orang seiring dengan bertumbuhnya jumlah kendaraan.

Tidak hanya di Ibu Kota, beragam cara dan upaya terus dilakukan di kota-kota lain untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Salah satu contohnya seperti yang diupayakan Tri Rismaharini, Walikota Surabaya yang punya cara khusus dalam mengurai kemacetan di kota Surabaya.

"Kami menggunakan Intelegent Transport System (ITS) yang kami optimalkan di Kota Surabaya," ucap Risma saat berada di kawasan Tunjungan, Surabaya, Kamis (5/10/2018).

(BACA JUGA: Warga Aceh Gempar, Gak Sengaja Putar Gas Motor, Seorang Ibu Muda dan Keponakannya Nyemplung ke Laut)

"Ini sebetulnya kalau dilihat secara ekologi, dilihat seluruhnya Surabaya itu sudah macet, mungkin lebih macet jika dibandingkan Jakarta mestinya," lanjutnya.

Risma menambahkan, intelegent transport system merupakan sistem yang bisa diatur flow-nya menyesuaikan dengan kepadatan yang terjadi di jalan.

Bisa dibilang merupakan sistem yang cerdas untuk mendukung manajemen transportasi dengan pemanfaatan teknologi (Informasi, Komunikasi, Sensor, Kontrol dan Komputerisasi) untuk membangun sistem informasi dan manajemen trasportasi secara otomatis.

Sistem tersebut berbeda dengan traffic congestion, yang bersifat fix atau di titik-titik itu saja.

Source : GridOto.com
Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.