Waduh! Ternyata Sering Terjebak Macet Bisa Bikin Cepat Pikun

Fadhliansyah - Sabtu, 20 Oktober 2018 | 13:14 WIB
Rony Ariyanto Nugroho/Kompas.com
Ilustrasi motor terkena macet

MOTOR Plus-online.com - Untuk masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta, pasti macet sudah menjadi 'makanan' sehari-hari untuk yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Ternyata, kemacetan yang sering kita alami itu bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh, baik dalam jangka waktu yang dekat ataupun panjang.

Dessy Ilsanty, Psikolog Klinis dari Universitas Indonesia menjelaskan, masyarakat dengan usia produktif yang membawa kendaraan pribadi dan terkena macet akan lebih mudah stress.

"Karena dia punya tekanan dari sekitar, misalnya dia harus berada di sebuah tempat di waktu yang telah ditentukan," ucap Dessy.

Hasil FP4 MotoGP Jepang 2018: Terjungal di Akhir Laga Marquez Tetap Perkasa, Valentino Rossi Kehabisan Tenaga

Ajaib, Jatuh dan Terseret Motor di Akhir Sesi FP4 MotoGP Jepang, Marc Marquez Kembali Lolos dari Cedera

"Sehingga memunculkan persepsi bahwa kondisi dirinya tidak dapat memenuhi tuntutan yang ada yakni tidak bisa tiba di waktu yang diharapkan. Hal ini lah yang akan memunculkan stress,” tambah Dessy.

Sebagai contoh pada pekerja kantoran, terjadinya stress ini akan berpengaruh pada kinerjanya dalam menjalankan pekerjaan.

Dessy mengaku, setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda.

Ada yang hanya mengeluh, mengeluarkan teriakan-teriakan dan ada pula yang menanggapinya dengan emosional.

Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2018: Mengejutkan, Dovizioso Bakal Start Pertama, Marquez ke-6 dan Rossi ke-9

Kemudian ada juga respon fisiologis (tubuh), seperti ada yang cuma kelelahan, pegal-pegal atau bahkan sampai ada yang cepat lupa.

“Nantinya seseorang yang terlalu lama berkendara dalam kemacetan akan mengalami gejala psikis negatif seperti mudah lupa, sulit berkonsentrasi, serta mudah terdistraksi,” tutupnya.

Source : GridOto.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Fadhliansyah




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.