Tampangnya Sih Jadul Banget, Tapi Teknologinya Yang Bikin Ruarr Biasa Pada Zamannya!

ARSN - Rabu, 7 November 2018 | 07:00 WIB
motorcyclespecs.co.za
Honda CBX125F

MOTOR Plus-online.com - Kalau ngomongin motor Honda yang berkubikasi 125cc, pasti keingetannya sama Supra X 125 atau Vario 125.

Tapi bukan rubrik Blast From The Past kalau enggak ngebahas motor aneh atau unik dari masa lalu, so kali ini kita akan melirik satu motor 125cc yang termasuk gahar banget bernama Honda CBX125F.

Honda CBX125F muncul pada tahun 1983 hingga akhirnya dihentikan produksinya pada tahun 1993. Lumayan lama tuh bisa bertahan 10 tahun.

Meski namanya mirip sama Honda CB125 tapi motor ini punya teknologi yang bisa dibilang ekstrem pada masanya Sob...

Gimana enggak? Meski mesinnya hanya 125cc motor ini punya twin muffler alias knalpotnya dobel, bisa bikin ketipu disangka motor 2 silinder ya?

Baca Juga: Bocor.. Honda Sedang Merancang Cafe Racer Bermesin Jahat, Bisa Jadi Idola

Honda CBX125F juga punya teknologi RFVC (Radial Four Valve Combustion) yang memungkinkan klep dijejali sebesar-besarnya.

Makanya CBX125F bisa dijejali 2 karburator tapi silindernya tetep 1. Efeknya tentu suplai bensin ke mesinnya bisa lebih deras!

Ilustrasi mesin Radial Four Valve Combustion / RFVC yang punya jalur ke setiap klepnya

Basisnya  Honda CBX125F ini dibekali jantung pacu 4-tak 125cc silinder tunggal, DOHC 4 klep dengan pendinginan masih air cooled alias belum radiator.

Penulis : ARSN
Editor : ARSN




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.