Baru Tahu, Ternyata Ganti Lampu LED Standar Motor Ada Tekniknya Sendiri

ARSN - Jumat, 9 November 2018 | 17:44 WIB
responsejp.com
Lampu hazard pada All New Honda CBR250RR versi Jepang

MOTOR Plus-online.com - Meskipun terlihat mewah dan modern, terkadang warna sinar lampu tersebut dirasa kurang terang pada saat berkendara dalam cuaca hujan.

Headlamp LED dengan cahaya putih telah menjadi standar di motor keluaran terbaru.

Kendalanya, motor dengan lampu utama LED tidak lagi pakai bohlam yang bisa dicopot.

“Sebab, lampu menempel pada papan PCB yang terpasang di dalam mika headlamp. Kalau mau ganti perlu dibongkar,” buka Pak Wiet, Owner PWC di Ciledug, Tangerang.

Baca Juga: Modifikasi Motor Ganti Lampu LED Harus Perhatikan Hal Penting Ini

Proses bongkar mika headlamp menggunakan solder uap untuk memanaskan headlamp sehingga PCB bisa dikeluarkan dan lampu bisa diganti.

“Cara ganti lampunya juga simpel, tinggal panaskan lampu bawaan dari soket pada papan PCB. Kemudian lepas pakai pinset,” tambahnya.

Selanjutnya, pasang lampu pengganti ke soket lampu aslinya menggunakan solder uap lagi.

Karena lampu bawaan hanya memiliki daya sekitar 3-6 watt, penggantinya bisa menggunakan 10 watt sehingga pancarannya pun lebih terang.

Sebagai informasi, lampu LED pada headlamp motor berjenis CREE yang punya bentuk bulat berwarna kuning di papan PCB.

“Supaya terangnya maksimal dan panasnya merata, kita ubah juga hambatan arusnya dan pasang heatsink tambahan pada papan PCB tersebut,” lengkap Pak Wiet.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi Pak Wiet Custom di alamat Palem Ganda Asri II, Cluster CC Blok U No. 3, Karang Mulya, Ciledug, Tangerang. (0818-251-528)

Penulis : ARSN
Editor : ARSN




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.