Alasan Kenapa SIM Seumur Hidup Tak Bisa Direalisasikan

Arseen - Senin, 3 Desember 2018 | 07:53 WIB
Ilustrasi SIM

MOTOR Plus-online.com - Para pengemudi kendaraan di jalan umum, mutlak harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Pemilik SIM wajib memperpanjang masa berlakunya dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, setiap lima tahun sekali.

AKP Sri Pamuncak, Sh Kaurmin Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya mengungkapkan, SIM tidak bisa disamakan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang bisa diberlakukan seumur hidup.

"Berbeda dengan KTP, masyarakat kan tidak semuanya diwajibkan membuat SIM. Namun SIM wajib dimiliki bagi seluruh masyarakat yang mengendarai di jalan," ucap Sri Pamuncak saat berada di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (1/12/2018).

Ungkapan Hati Luca Marini, Menanggung Predikat Adik Valentino Rossi

Bagai Ditelan Bumi, Suara Knalpot Yamaha New V-Ixion Tiba-Tiba Hilang, Enggak Taunya Ini Yang Terjadi

Lantas, apa alasannya SIM tidak bisa diberlakukan seumur hidup?

AKP Sri Pamuncak menjelaskan, perpanjangan SIM dilakukan guna melihat kompetensi dan kondisi seseorang setelah 5 tahun memiliki SIM.

Pasalnya kemampuan seseorang dalam berkendara tidak selalu konsisten seiring berjalannya waktu.

"Karena tidak ada yang bisa menjamin kondisi pengendara atau pemegang SIM tersebut 5 tahun ke depan. Apakah pemegang SIM itu masih sehat, masih waras, masih bisa melihat dan lain sebagainya," imbuh Sri seraya menjelaskan.

Sri juga menambahkan, idealnya perpanjangan SIM tidak perlu dilakukan ujian kembali, kecuali SIM-nya sudah lewat dari masa berlakunya.

"Maka dari itu, perpanjangan SIM sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum masa berlaku SIM-nya habis," tutupnya.

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.