Jangan Tunggu Rusak, Seperti Ini Ciri-ciri Speedometer yang Bermasalah

Fadhliansyah - Senin, 10 Desember 2018 | 14:15 WIB
Farhan
Mika speedometer yang retak membuka peluang air masuk

MOTOR Plus-online.com - Sebelum mengalami kerusakan, speedometer atau panel instrumen motor memiliki ciri-ciri yang terlihat.

Karena kalau speedometer rusak, ktia akan kesulitan membaca parameter penting, seperti indikator bensin dan yang lainnya.

Ciri-ciri atau tanda speedometer bermasalah juga bisa dikenali dengan mudah kok.

"Hal utama yang bisa merusak speedometer adalah air yang masuk ke papan PCB di dalamnya. Mika speedometer pasti mudah berembun," kata Sugiarto pemilik bengkel servis speedometer Angkasa Jaya Motor.

Yamaha R25 Tampil Standar Begini Aja Sangar, Kenapa Harus Ribet?

Wuih! Berpisah dengan Honda, Dani Pedrosa Dapat Hadiah Motor

Penyebab panel instrumen motor gampang masuk air karena sering terjemur dan kena sinar matahari langsung yang mengakibatkan karet tombol atau mika getas dan retak.

Kalau tidak segera diperbaiki, air yang masuk dapat membasahi dan membuat layar LCD dan papan PCB berkarat dan rusak.

“Kalau mika retak atau karet getas masih bisa diperbaiki. Sedangkan kalau sudah kena prosesornya maka harus diganti baru,” jelasnya.

Dalam memperbaiki panel instrumen milik konsumen, Angkasa Jaya Motor sudah memiliki persediaan komponen yang diperlukan.

Percaya Enggak Dandanin Yamaha Aerox Makassar Ini cuma Rp 4 Juta?

“Pastinya akan diminta ganti baru satu set panel instrumennya kalau beli ke bengkel resmi. Nah kalau di sini kita ganti hanya yang rusak,” ungkap Sugiarto.

Kalau tanda tersebut muncul di panel instrumen, disarankan agar untuk segera diperbaiki agar kerusakan tidak terlanjur parah dan sulit diperbaiki.

Source : GridOto.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Fadhliansyah

Video Pilihan




YANG LAINNYA

Tag Popular