Awas! Jangan Sampai Ketipu, Ini Ciri BPKB Duplikat

Fadhliansyah - Selasa, 11 Desember 2018 | 12:25 WIB
BPKB duplikat tidak ada nomor faktur
Aong/MOTOR Plus
BPKB duplikat tidak ada nomor faktur



MOTOR Plus-online.com - Zaman sekarang setiap ganti pemilik kendaraan akan ganti BPKB. Jadi, pemilik baru tidak tahu apakah BPKB yang baru ini asli atau duplikat.

Ini akan berisiko mengurangi harga jika nanti akan dijual lagi. Terutama bagi pembeli yang sudah mengerti BPKB duplikat.

BPKB duplikat ini dibikin biasanya karena hilang. Atau bisa juga kebanjiran atau kebakaran.

Akhirnya bikin laporan ke polisi dan dibikin surat keterangan untuk bikin BPKB duplikat. Namun banyak yang tidak tahu ciri BPKB duplikat. Karena kadang tidak ada tulisan DUPLIKAT di BPKB duplikat itu.

Enggak Terima Didiskualifikasi, Pembalap Ini Keroyok Pembalap Lain dan Merusak Motornya

Jajal Honda RC213V-S, Presenter Desta Kaget dengan Bobot Motornya

Sebenarnya bisa ditanyakan kepada petugas samsat soal keaslinya BPKB. Tapi, akan repot karena mau tranksaksi jual-beli kendaraan harus bolak-balik samsat.

Kejadian ini pernah dialami Yudha, pemilik showroom kendaraan bekas di daerah Rajeg, Tangerang.

Yudha membeli kendaraan bekas, kemudian baru ketahuan BPKB-nya duplikat setelah kendaraan mau dileasing.

Pihak leasing menolak karena BPKB-nya duplikat. Padahal tidak ada tulisan DUPLIKAT di BPKB. “Kalo BPKB duplikat seharusnya ada tulisan DUPLIKAT walau BPKB sekarang ganti setiap balik nama baru,” jelas Yudha yang keturunan Kuningan-Jambi itu.

Aplikasi Perpaduan Warna Emas dan Ungu, Yamaha NMAX Ini Sabet Gelar di Customaxi Makassar

Rupanya si pemilik kendaraan bisa main mata dengan petugas yang nulis BPKB. Agar tulisan DUPLIKAT-nya tidak ditulis. Katanya bisa bayar, sekitar Rp 100 ribu. Konon yang biasa main begini biro jasa yang kenal dengan orang dalam.

Dari pengalaman itu, Yudha jadi tahu ciri-ciri BPKB duplikat walau tidak ada tulisan DUPLIKAT. “Coba lihat lembar ke-3 dari halaman BPKB.

Disana ada Dokumentasi Persyaratan Registrasi. Di BPKB duplikat tidak dicantumkan nomor faktur. Ini akan dikosongkan oleh petugasnya,” jelas Yudha.

Menurut Yudah, ciri lain BPKB duplikat walau tidak ada tulisan DULIKAT yaitu masih pada lembar ke-3 itu ada keterangan, tulisannya Sket No….. Ini diisi berdasarkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Jadi, dari pengalaman Yudha itu kita tahu. Melihat BPKB duplikat tanpa tulisan DUPLIKAT lihat di lembar ke-3. Jika tanpa nomor faktur dan ada keterangan dengan tulisan Sket No… itu BPKB duplikat.

Penulis : Fadhliansyah
Editor : Fadhliansyah

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular