Banyak Yang Belum Paham, Seperti Ini Cara Kerja RC Valve di Honda NSR

Arseen - Senin, 17 Desember 2018 | 20:30 WIB
Muhamad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Honda NSR 150R Astra yang dijual di Otobursa Tumplek Blek 2018

MOTOR Plus-online.com - RC Valve (Revolutionary Controlled Exhaust Valve) salah satu teknologi yang terpasang di NSR series.

RC Valve, merupakan sistem katup mesin yang mengatur besaran lubang buang secara elektronis.

Teknologi ini bertujuan agar tenaga yang dihasilkan selalu maksimal sesuai putaran mesin, baik itu di putaran mesin rendah, menengah, atau tinggi.

Bagaimana cara kerjanya RC Valve, dan benarkah teknologi menambah performa Honda NSR 150?

Baca Juga : Nah Loh! Para Pembalap Mulai Membeda-bedakan Mesin Moto2 Baru

Baca Juga : Ini Loh Obat Korek Honda Vario 125 Rawan Jebol Saat Dibore up

"Fungsinya itu buka-tutup katup. Ketika di rpm rendah, katup ini akan menutup. Ketika rpm tinggi, katup akan terbuka sehingga akselerasi yang dihasilkan akan maksimal," kata Tommy Patria, pemilik sekaligus tuner Patria Techno, bengkel spesialis Honda NSR 150.

RC Valve terdiri dari beberapa komponen pendukung, yakni unit pengontrol, motor servo, katup pembuangan, dan kabel pengontrol yang menghubungkan katup pembuangan dengan motor servo.

Selain itu, RC Valve juga berhubungan dengan komponen kelistrikan seperti aki dan kiprok.

Cara kerjanya, putaran mesin akan dideteksi oleh CDI, kemudian sinyal tersebut dikirimkan ke motor servo untuk menentukan besaran katup lubang buang sesuai dengan kondisi putaran mesin.

Nah, karena semburan bahan bakar juga disesuaikan, maka RC Valve bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

"Karena sistem kerjanya memakai banyak perangkat elektronik, perlakuannya lebih khusus. Terutama pada sistem kelistrikan," jelas Tommy.

"Banyak pemakai NSR 150 yang RC Valve-nya rusak, karena masalah kelistrikan yang tidak terdeteksi. Kalau sudah rusak, biaya yang dikeluarkan tidak sedikit," wanti Tommy yang bengkelnya buka di bilangan Depok, Jawa Barat.

Artikel ini sudah tayang di Gridmotor.id dengan judul "Mengenal Cara Kerja RC Valve, Teknologi Yang Bikin Honda NSR Ngacir!"

Penulis : Arseen
Editor : Arseen




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular