Modal Duit Rp 100 Ribu Bikin Alat Pembening Headlamp untuk Motor

Indra Fikri - Selasa, 8 Januari 2019 | 09:07 WIB

MOTOR Plus-online.com - Kepingin headlamp motor kinclong seperti baru lagi? Begini cara bikin alat pembening headlamp dengan modal Rp 100 ribuan.

Yang pertama dilakukan adalah, membeli mug heaternya atau biasa disebut pemanas teh dan kopi terlebih dahulu.

“Di online shop banyak yang murah-murah. Mug heater ini adalah, pemanas air yang bertenaga listrik dan berbentuk mug. Biasanya untuk mug heater yang bikinan China, harganya enggak sampai Rp 100 ribuan,” bilang Supriyanto, dari Abdigas Motor.

Setelah mug heater didapat, perlu dimodifikasi terlebih dahulu supaya bisa digunakan.

Baca Juga : Kasus Penabrakan Kapolda Sumsel Berbuntut Panjang, Dirlantas Polda Sumsel Akan Lakukan Ini ke Grab Bike

Baca Juga : Diduga Dalam Kasus Prostitusi Online, Ternyata Pernah Jadi Model Cepot

“Diantaranya, pada tutup mugnya harus dibobok dan dibikinkan corong yang akan mengarahkan uap dari dalam mug agar lebih fokus keluarnya. Kalau kepepet, bisa pakai alat minumnya binatang marmot atau yang bentuknya mirip-mirip seperti corong,” lanjutnya.

Beres dengan modifikasi tutup mug, selanjutnya mengubah arus yang ada di mug heater tersebut.

"Karena tujuannya menghangatkan saja, maka arus standar penghangat tersebut hanya 12 volt. Cukup, cuma uap yang dihasilkan kurang banyak jika hanya 12 volt,” beber pria asal Yogyakarta ini.

"Untuk membuat uap lebih banyak, perlu diupgrade menggunakan arus DC diatas 12 volt. Nah, sobat bisa menggunakan charger laptop yang punya arus 19 volt sebagai pengganti sumber listriknya," sebutnya.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular