Terus Menerus Jadi Obyek Penderita, Kemenhub Akhirnya Selamatkan Nasib Pemotor Ojol

Ahmad Ridho - Minggu, 30 Desember 2018 | 08:08 WIB
Kompas.com
Ilustrasi pemotor ojol.

MOTOR Plus-online.com - Kita menyambut baik dan mengapresiasi adanya Permenhub 118/2018 yang diterbitkan pada 18 Desember ini karena mengatur cukup rinci perlindugan bagi pengemudi dan penumpang, " ungkap Satyo P Sekjen Jaringan Aktivis ProDEM di Jakrta dan ini jelas peraturan yang melindungi rakyat kecil para driver online tambahnya.

Dan Satyo melanjutkan, peraturan ini bukan saja patut diapresiasi dari segi perhubungan tetapi sekaligus perlu diapresiasi dari sisi ketenagakerjaan.

Terkait dengan ketenagakerjaan yang seharusnya menjadi domain Kemenaker telah mampu diatasi oleh Permenhub 118/2018 yang baru ini.

Para kaum semi urban yang disebut mitra oleh aplikator transportasi daring entah sadar atau tidak, sebenarnya mereka bekerja dan memiliki ikatan kerja dengan pengusaha aplikator tersebut, kalimat “mitra” membuat mereka merasa terhormat, meskipun sadar, kalimat tersebut membuat mereka kehilangan hak-haknya sebagai tenaga kerja.

Baca Juga : Ditinggal Andrea Iannone, Alex Rins Cuek dan Siap Bikin Kejutan di MotoGP 2019

Baca Juga : Edan, Kodrat Suzuki Smash Motor Artis Maell Lee Dijual Rp 1 Miliar!

Padahal dalam konstitusi Indonesia, Undang-Undang ketenagakerjaan no. 13 tahun 2013 jelas mengatakan pekerja dan pemberi kerja memiliki ikatan, walaupun oleh aplikator disamarkan bentuknya.

Kini melalui Standar Pelayanan Minimal yang menjadi dasar perubahan PM 108 ke PM 118 dinilai sudah mayoritas mengakomodir kepentingan para driver khususnya para driver pribadi dan motor roda dua, karena tarif diatur oleh pemerintah dan soal suspend aplikator tidak dapat lagi sewenang-wenang.

Setelah 3 Tahun melakukan advokasi dan pendampingan dari beberapa komunitas driver kami mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Kemenhub atas keberanian mereka membuat perbedaan dan berkemauan melakukan pembelaan kepada masyarakat kecil khususnya para driver online yang selama ini posisinya selalu menjadi obyek penderita dari keangkuhan dan kejahatan para pemodal/aplikator yang mempraktek kan neoliberalisme secara brutal disektor transportasi dengan memanfaatkan kekosongan regulasi.

"Meskipun ada beberapa kekurangan dalam PM 118 tersebut itu lebih baik ketimbang Kominfo yang seperti seolah-olah "Melindungi" aplikator nakal, beberapa kekurangan mestinya segera bisa dilengkapi dengan peraturan yang lebih tinggi karena dalam sektor transportasi daring terlibat beberapa sektor selain Kemenhub, Kominfo, Kumham, Kemnaker dan jaminan asuransi bagi driver dan juga penumpangnya, " pungkas Sekjen Jaringan Aktivis ProDEM, Satyo P.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Selamat untuk Kemenhub karena sudah Membuat Perbedaan dan Pembelaan untuk Para Driver Online,

Source : tribunnew.com
Penulis : Ahmad Ridho
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.