Streetmanners: Trik Agar Aman Berkendara Motor di Malam Hari

Aong - Senin, 28 Januari 2019 | 12:29 WIB
Indra/DAM

MOTOR Plus-online.com – Berkendara di cuaca gelap ketika malam hari atau kondisi hujan, tak bisa dihindarkan.

Berkendara malam secara psikologis memberikan kesan berbeda pada setiap pengendara, pandangan jadi sedikit gelap atau kurang jelas.

Sehingga pengendara dituntut lebih dalam mengantisipasi atau memprediksi bahaya yang ada di sekitar saat berkendara, dengan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Selain persiapan diri secara mental, agar aman berkendara di malam hari juga perlu ditunjang perlengkan berkendara.

Baca Juga : Bikin Geger, Harga Batu Merah Delima Ahok Pemberian dari Oso Setara 34 Unit Motor Honda PCX 150

Baca Juga : Parah, Motor Honda Tiger Adu Banteng Lawan Honda Vario, Kaki Si Macan Sampai Bengkok

“Perlengkapan berkendara bukan hanya untuk keselamatan, akan tetapi sebagai gaya hidup yang stylish,” ujar Asep Wawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda Jawa Barat.

Sejalan kampanye #Cari_Aman yang digulirkan Honda, PT DAM memberikan saran berkendara bagi para pengguna motor agar selalu aman saat berkendara malam hari dan cuaca gelap.

Berikut perlengkapan berkendara malam hari sesuai anjuran Kang Asep.

Helm
Pastikan pengendara menggunakan Helm SNI yang memiliki kaca bening agar dapat melihat dengan jelas permukaan jalan yang dilalui serta melihat jelas situasi sekitar.

Baca Juga : Motor Honda CBR250R Seken Dibanderol di Bawah Rp 20 Jutaan, Simak Plus Minusnya

Jaket
Udara malam hari akan terasa lebih dingin, untuk itu gunakan jaket yang tidak tembus angin seperti jaket yang berbahan kulit dan berwarna cerah agar dapat terlihat oleh pengendara lain.

Lampu
Pastikan instrumen lampu-lampu menyala saat akan berkendara, gunakan lampu depan jarak dekat agar tidak membuat silau pengendara lain.

Lampu depan jarak Jauh digunakan bila tidak ada pengendara dari lalu-lintas berlawanan.

Istirahat
Bila berkendara terlalu larut malam dan terasa mengantuk, lebih baik instirahat sejenak di tempat yang ramai untuk sekedar makan atau minum agar mata dapat berkonsentrasi kembali. Tidak disarankan berkendara dalam keadaan mengantuk.

Penulis : Aong
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.