Masih Nekat Pakai Jas Hujan Ponco Saat Hujan? Simak Penjelasan Pakar Safety Riding

Indra Fikri - Senin, 4 Februari 2019 | 19:11 WIB
Tips memilih jas hujan yang tepat, jas hujan model Ponco tidak disarankan
TMC Polda Metro Jaya
Tips memilih jas hujan yang tepat, jas hujan model Ponco tidak disarankan

MOTOR Plus-online.com - Curah hujan yang masih tinggi akhir-akhir ini, mengharuskan pengendara motor mengenakan jas hujan untuk mendukung mobilitasnya di atas motor.

Namun, pemilihan jas hujan yang sesuai tampaknya belum disadari betul oleh para pemotor.

Alih-alih pakai jas hujan two piece (dua potong, jaket dan celana) yang memenuhi standar keselamatan, masih banyak ditemui pemotor yang menggunakan ponco atau jas hujan one piece.

Menurut Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), selain berbahaya, penggunaan jas hujan ponco juga kurang melindungi.

Baca Juga : Video Pemukulan Spion Mobil Kembali Terjadi, Sopir Truk Kesal Motor Langsung Dilindas

Baca Juga : AKP Muhammad Yusuf: Pengguna Knalpot Brong Gak Ada Ampun, Langsung Denda Setengah Juta

“Jas hujan itu berfungsi untuk melindungi pengendara dari hujan atau kebasahan. Kalau pakai ponco, itu tidak akan maksimal karena tidak menutup seluruh tubuh,” kata Jusri saat dihubungi GridOto.com (4/2/2019).

“Itu dari sisi fungsionalitas, kalau dari segi keselamatan berkendara, jelas sangat tidak dianjurkan. Sebab, bagian ponco yang menjuntai ke bawah itu memiliki kemungkinan sangat besar untuk tersangkut di bagian motor yang bergerak, seperti gir, rantai, ataupun ban,” lanjut dia.

Nah, kalau sudah tersangkut, tahu sendiri kan akibatnya, Sob? Iya, kecelakaan!

“Sebenarnya tak hanya jas hujan, yang dikenakan pemotor di tubuhnya juga harus diperhatikan agar mengurangi risiko kecelakaan. Sudah banyak kasusnya, tali tas selempang terlalu panjang, selendang ataupun pakaian oversize yang tersangkut,” bilang Jusri.

Baca Juga : Video Polisi Hukum Pengguna Knalpot Brong di Yogyakarta, Endingnya Bikin Ketawa

Yuk, Sob, mulai beri perhatian lebih untuk etika berkendara di jalan, agar diri sendiri dan pengguna jalan lainnya selamat sampai tujuan!

Source : GridOto.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular