Pasang Airscoop Agar Mesin Tetap Dingin Terutama Yang Sudah Upgrade

Motorplus,Rudy Hansend - Selasa, 5 Maret 2019 | 16:45 WIB
Stephan
Pasang Airscoop


MOTOR Plus-Online.com- Buat pengguna motor matic yang mesinnya telah mengalami peningkatan kapasitas lumayan banyak, biasanya butuh pendinginan ekstra pada blok silinder dan area head.

Nah, salah satu pembesut Yamaha NMAX yang sudah bore up mesinnya lumayan gede, bisa bikin sistem pendinganan tambahan unik nih sob!

“Memang enggak lazim sih, tapi sangat membantu dan sekaligus bisa menambah penampilan big scooter gue,” bilang Pangeran Ilham Baron, warga Villa Melati Mas, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Ide kreatif ini kata Pangeran,terinspirasi dari mobil-mobil balap.

“Pada mobil balap, umumnya bagian depannya terlihat ada semacam corong.

Baca Juga : Ganteng Maksimal, Pasang Setang Baplang Motor Honda BeAT Street eSP di BeAT Sporty

Baca Juga : Ini Modus Baru Bikin Ban Bocor Dan Lebih Bahaya Dari Tebar Paku

Nah, corong tersebut tentu fungsinya jadi semacam airscoop untuk mendinginkan beberapa area sekitaran mesin atau rem,” jelasnya.

“Part yang digunakan mudah ditemui kok. Untuk corong, kami manfaatkan velocity stack karburator dan slang dengan diameter cukup besar.

stephan
Pasang Airscoop

Kemudian, ujung slang diarahkan ke blok silinder atau area yang mau kita bantu dinginkan,” sergah Arie Soegiarto, teknisi  dealer Viar di Jl. Raya Fatmawati No. 33 C, Jakarta Selatan, yang dipercaya oleh Pangeran Ilham untuk membuat sistem pendingin tambahan.

Masih kata Arie yang sering disapa Arief Tossa ini, udara yang masuk pada saluran pendingin tambahan itu, memang tidak sebesar tiupan angin dari kipas radiator.

Baca Juga : Cuma Modal Rp 15 Ribuan, Rem Belakang Motor Matic Enggak Keras dan Makin Pakem

 “Tapi, ini cukup membantu mendinginkan mesin saat jalan dengan kecepatan sedang maupun kencang,” yakinnya.

Namun, pemakaian airscoop ini kudu rela menggusur salah satu parit di tebeng depan NMAX.

“Ya, karena memanfaatkan dudukan lampu sein untuk menempatkan corong penangkap angin dari depan, mau tak mau posisi sein mesti pindah.

Sein kami pindahkan ke posisi lampu senja,” tutupnya.

Gimana, mau coba?

Artikel ini sudah dimuat di Tabloid MOTOR Plus edisi 937 th 2017

Source : MOTOR Plus
Penulis : Motorplus
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.