Enggak Seperti Dibayangkan, Ternyata Sangat Sulit Menentukan Ban Bagi Pembalap, Ini Sebabnya

Indra GT - Sabtu, 9 Maret 2019 | 07:45 WIB
Set ban kering yang disediakan oleh ban Michelin ada 3 tipe buat ban depan dan ban belakang, yaitu tipe soft, tipe medium dan hard.

MOTOR Plus-online.com - Pembalap MotoGP disiapkan 1400 ban setiap racenya oleh Michelin sebagai pemasok tunggal ban untuk MotoGP.

22 pembalap MotoGP harus memilih ban untuk balapan setiap racenya yang disediakan oleh Michelin produsen ban asal Perancis.

Menjadi sulit karena terbatasnya jatah yang disediakan oleh Michelin untuk setiap pembalap MotoGP hanya disediakan 22 ban kering dan 13 ban basah.

Untuk 22 ban kering Michelin hanya menyediakan 10 untuk ban depan dan 12 untuk ban belakang untuk motor MotoGP.

Baca Juga : Video Koleksi Motor-motor Omesh Hanya Satu Di Indonesia Dan Full Paper Tapi Semua Tak Diketahui Istri

Baca Juga : Bikin Ngiler, Ajudan Pribadi Jual Koleksi Motor Langka Yamaha 125Z

Pembalap MotoGP hanya boleh memilih maksimum 5 ban depan dari 3 tipe yang tersedia, Soft, medium dan Hard.

Jadi kalau pilih 5 ban depan Soft maka tersisa pilihan 2 atau 3 dari tipe medium dan hard atau sebaliknya yang penting total 10 ban depan

Sedangkan untuk ban belakang pembalap boleh memilih maksimum 6 ban untuk tipe soft atau maksimum 5 ban tipe medium atau maksimum 4 ban tipe hard sisanya kombinasi yang penting totalnya ada 12 ban yang dipilih.

Sedangkan untuk ban basah Michelin menyediakan 13 ban, 6 untuk ban depan dan 7 untuk ban belakang.

Baca Juga : Mencekam! Video Honda Jazz Ludes Terbakar Hebat di Pinggir Jalan, Pemotor Kocar-kacir

Tipe ban yang tersedia 3 tipe adalah ekstra soft, soft dan medium tidak ada tipe hard yang disediakan oleh Michelin untuk ban basah.

Untuk ban depan dan belakang ban basah pembalap hanya boleh memilih dengan 2 tipe saja dari total ban yang disediakan oleh Michelin.

Jadi harus dipilih ban tipe ekstra soft dan medium saja atau kombinasi tipe yang lain dengan jumlah 6 ban depan dan 7 ban belakang.

Source : www.michelinmotorsport.com
Penulis : Indra GT
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular