Bikers Wajib Waspada, Ratusan Pohon di Jakarta Selatan dan Pusat Rawan Tumbang

Indra Fikri - Jumat, 5 April 2019 | 14:30 WIB
Ilustrasi Warga bersama TNI dan Polri berusaha mengeluarkan sepeda motor yang ditindih pohon,Minggu (27/1/2019.)

MOTOR Plus-online.com - Kawasan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan merupakan wilayah yang memiliki tingkat kerawanan pohon tumbang yang tinggi.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengungkapkan, setelah dilakukan pendataan, ada sekitar 150 pohon yang rawan tumbang di dua kawasan tersebut.

Meskipun dia tidak merinci lokasi tepatnyai, namun diakuinya sebagian pohon itu terdapat di Taman Lapangan Banteng dan kawasan Menteng Jakarta pusat.

Sejumlah pohon rawan tersebut cukup tua sehingga batang-batangnya sudah keropos.

Baca Juga : Bos Honda Akui Lemas dan Pasrah Lihat Performa Jorge Lorenzo, Insiden Salah Pencet Tombol

Baca Juga : Sering Mencampur Bensin Pertalite dengan Pertamax Bikin Piston Bolong? Mitos atau Fakta

"Ada 150 pohon. Jakarta pusat dan Jakarta selatan (itu rawan). Jakarta pusat di Lapangan Banteng dan Menteng," ujar Suzi di Balai Kota DKI Jakarta Kamis (4/4/2019).

Suzi menuturan kedepannya Dinas Kehutanan bakal melakukan peremajaan pada pohon - pohon yang sudah tua dan rawan tumbang di semua kawasan Jakarta.

Saat ini pihaknya baru melakukan langkah awal berupa pembersihan benalu pada pohon yang disinyalir menjadi penyebab kroposnya batang pohon.

"Memang kedepan kita tuh meng-USG apakah batang itu keropos, atau sakit gitu ya. Nah itu kita akan lakukan peremajaan. Langkah awal kita sudah lakukan misalanya terhadap Benalu. Kalau bisa dilihat benalu -benalu di Medan Merdeka Selatan sudah mulai hilang," ucap Suzi.

Baca Juga : Tampang Baru Yamaha NMAX Makin Keren Usung Tampilan Force 155, Bodi Runcing dan Kekar

Selain itu, Dinas Kehutanan DKI juga akan menentukan standarisasi ketinggian maksimal pohon, terutama di kawasan ramai.

"Kedepan juga mungkin akan kita lakukan standarisasi buat pohon. Jadi, di dalam kota pohon harus punya ketinggian yang maksimalnya berapa. Kita lagi susun SOPnya bahwa dalam kota itu ketinggian tanaman harus diatur. Jadi harus ditoping dengan ketinggian yang misalnya 20 meter lah," kata Suzi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 150 Pohon di Jakarta Selatan dan Pusat Rawan Tumbang, 

Source : Tribunnews.com
Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.