Yang Unik di MotoGP 2019, Sudah 13 Ronde Berjalan, Trio Doang Yang Pole Position

Joni Lono Mulia - Rabu, 18 September 2019 | 13:00 WIB
MotoGP
Ilustrasi. Podium MotoGP San Marino, mitos pole position gak juara berlanjut setelah Maverick Vinales hanya finish posisi 3

 

MOTOR Plus-online.com - Pentas MotoGP musim ini sudah berlangsung hingga 13 ronde dengan MotoGP San Marino di sirkuit Misano, (15/9/2019) sebagai putaran paling akhir. 

Alhasil, MotoGP 2019 tinggal menyisakan 6 putaran lagi mulai dari MotoGP Araong akhir pekan ini, (22/9/2019) kemudian disusul Thailand, Jepang, Australia, Malaysia dan terakhir di Valencia (Spanyol). 

Ternyata ada hal unik selama 13 ronde MotoGP yang telah berjalan. 

Statistik mencatat dari 13 ronde tersebut hanya trio pembalap saja yang mampu meraih pole position alias start paling depan. 

Siapakah sajakah mereka itu?

Baca Juga: Banyak Yang Gak Ngeh, Valentino Rossi Emang Finis 4 di MotoGP San Marino 2019, Ini Fakta Menariknya

Baca Juga: Gak Bakal Main-Main, Marquez Serius Incar Juara di MotoGP Aragon 2019, Lantaran Hal Ini

Adalah Maverick Vinales (MotoGP Qatar dan San Marino); Marc Marquez (MotoGP Argentina, Amerika Serikat, Prancis, Italia, Jerman, Rep Ceska, Austria dan Inggris) serta Fabio Quartararo (MotoGP Spanyol, Catalunya dan Belanda). 

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi pembalap yang mengoleksi pole position terbanyak dengan total 8 kali. 

Kemudian Fabio Quartararo (3 kali) dan Maverick Vinales (2 kali). 

Untuk persebaran berdasarkan konstruktor hanya ada dua motor yang sukses meraih pole position; Honda (Marc Marquez) dan Yamaha (Fabio Quartararo dan Maverick Vinales). 

Sementara dua konstruktor yang mampu bersaing merebut kemenangan seperti Ducati dan Suzuki belum pernah meraih pole position. 

Baca Juga: Awas Lewat, Perubahan Jadwal Balap MotoGP Aragon, Start Lebih Awal

Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.