Hati-hati Para Orang Tua Yang Izinkan Anaknya Nyetir, Bisa Dipenjara!

Erwan Hartawan - Selasa, 4 Februari 2020 | 16:07 WIB
gridoto.com
para orang tua yang mengizinkan anaknya mengendarai motor sendiri

MOTOR Plus-online.com - Di Indonesia banyak kita melihat anak-anak di bawah umur yang sudah diperbolehkan oleh orangtua untuk mengendarai motor sendiri (nyetir).

Padahal, aturannya sudah jelas, pengendara harus mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) dan harus sudah memenuhi syarat usia layak.

Oleh karenanya Mahasiswa FH Universitas Sahid (Usahid) Jakarta tengah mengajukan gugatan ke Mahmkamah Konstitusi tentang pelanggaran pengendara di bawah umur.

Mereka meminta agar orang tuanya diberi hukuman kurungan jika terbukti memperbolehkan anak di bawah umur mengendari kendaraan sendiri.

Baca Juga: 4 Pembalap Binaan Yamaha Indonesia Tampil di Ajang Internasional

Baca Juga: Luwes Banget, Video Valentino Rossi dan Maverick Vinales Goyang Ubur-ubur Saat Jumpa Fans di Jakarta

Perlu diketahui, peraturan ini sudah di berlaku di India.

Melansir rushlane.com, Undang-undang Kendaraan Bermotor klausul 63 (Amandemen) 2019 yang diperbaharui akhir tahun lalu itu, mempertajam semua pelanggaran lalu lintas.

Salah satunya tentang pengendara di bawah umur yang belum memiliki lisensi.

Berdasarkan Pasal 199, pelanggaran yang dilakukan remaja yang mengakibatkan diadili di bawah Undang-Undang Keadilan Remaja (JJ).

Baca Juga: Video Jorge Lorenzo Jajal Yamaha YZR-M1 Terbaru di Sirkuit Sepang, Saking Semangatnya Sampai Pasang Stiker Nomor Start Sendiri!

Sementara bagi orang tua atau wali yang mengizinkan remaja tersebut megendarai kendaraan akan dikenakan denda RS 25.000 (mata uang india) atau Rp 4,8 juta dan dipenjara tiga tahun.

Source : Rushlane.com
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.