Banyak yang Bingung, Ternyata Begini Proses Tilang Elektronik Berbasis ETLE Polda Metro Jaya

Indra GT - Jumat, 14 Februari 2020 | 07:30 WIB
GridOto.com
Ilustrasi CCTV di Jakarta.

MOTOR Plus-online.com - Mulai 1 Februari 2020 Ditlantas Polda Metro Jaya menerapkan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk motor begini prosesnya.

Kamera CCTV yang terpasang dibeberapa titik mengambil momen ketika para bikers melakukan pelanggaran.

Kamera canggih ini merekam pelat nomer motor lalu dikirim ke server yang dimiliki oleh Polda Metro Jaya untuk diidentifikasi.

"Kamera CCTV dapat merekam seluruh motor yang melakukan pelanggaran" ujar AKP Robby H Kepala Tim Dua ETLE Back Office Polda Metro Jaya saat peluncuran E-Drive (05/12/19).

Baca Juga: Pemotor Ketakutan, Tilang Elektronik Motor Baru Berlaku Beberapa Hari, Jumlah Pelanggaran Langsung Merosot

Baca Juga: Street Manners: Langsung Terekam CCTV, Tilang Elektronik Segera Berlaku di Jakarta, Incar 3 Kesalahan Pemotor

"Hasil capture pelat nomer dari kamera akan diproses oleh sistem untuk dicocokan dengan data kepemilikan" jelas AKP Robby H.

Ntmcpolri.info
Akal-akalan pemotor untuk kelabui kamera tilang elektronik di jalur busway koridor 6 Mampang Prapatan, Jaksel (6/6/2020).

Dari nopol akan dicari pemilik motor untuk diinfokan mengenai pelanggaran yang dilakukan melalui surat yang dikirim ke alamat yang terdapat dalam data.

Para bikers sudah tidak bisa mengelak kalau terekam oleh kamera CCTV yang berbasis ETLE, karena datanya jelas siapa pemilik motor.

Paling yang agak masalah kalau motor sedang dipinjam lalu tertangkap kamera melakukan pelanggara.

Baca Juga: Tilang Elektronik Berlaku di Jalur Transjakarta, Polisi: Motor yang Lewat Akan Langsung Kena

Maka yang akan dikirim surat pemberitahuan adalah pemilik motor bukan pengendara yang seang meminjam motor.

Penulis : Indra GT
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.