Advertorial

Ingin Performa Motor Maksimal? Pilih Busi yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Sheila Respati - Rabu, 26 Februari 2020 | 10:25 WIB
Busi Brisk X-Line bisa digunakan oleh berbagai jenis motor baik berkapasitas mecin kecil maupun besar.
M.Nurul
Busi Brisk X-Line bisa digunakan oleh berbagai jenis motor baik berkapasitas mecin kecil maupun besar.

MOTOR Plus-online.comBusi menjadi komponen penting pada sistem pengapian sebuah kendaraan. Pasalnya busi memiliki peranan vital yaitu untuk mengantarkan arus listrik agar tercipta pembakaran yang sempurna di ruang bakar.

Busi yang tepat akan membuat performa motor menjadi jempolan, tetapi sebaliknya jika salah pilih mesin tidak dapat bekerja maksimal.

Namun, memilih busi yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin juga tidak mudah mengingat begitu banyak produk ditawarkan di pasaran. Selain itu, masih banyak juga kesalah pahaman mengenai penggunaan busi

Banyak pemilik motor bermesin standar saat ini berasumsi bahwa dengan menggunakan busi khusus balap performa motornya akan meningkat. Padahal, asumsi tersebut salah.

Busi khusus balap seharusnya hanya digunakan pada motor balap. Sedangkan motor bermesin standar, menggunakan busi untuk motor harian.

Sebab busi racing dirancang untuk mesin motor balap yang cepat panas. Oleh sebab itu, penggunaan busi racing pada motor bermesin standar akan menyebabkan beberapa masalah.

Salah satunya adalah deposit karbon berlebih. Terjadi penumpukkan karbon di dalam ruang bakar sehingga performa mesin menurun. Jika partikel karbon terkelupas dan masuk ke dalam seal dan klep mesin masalah akan meluas menjadi kebocoran kompresi yang menyebabkan motor susah dinyalakan. 

Tidak hanya itu, penggunaan busi yang tidak sesuai dengan kebutuhan motor juga akan menyebabkan misfiring, atau pembakaran yang kurang sempurna. Konsumsi bahan bakar pun akan jauh lebih boros.

Memahami kebutuhan pengendara akan busi yang sesuai untuk mendukung performa motornya, Brisk menghadirkan solusi yaitu busi Brisk X-Line. Busi ini merupakan hasil penyempurnaan dari busi jenis sebelumnya yang diproduksi Brisk. Busi ini fleksibel untuk digunakan pada motor dengan berbagai kapasitas mesin.

Busi X-Line ini diciptakan untuk kendaraan berkapasitas mesin kecil karena kami melihat sebagian besar kendaraan roda dua di Asia di dominasi mesin bercylinder kecil,” ucap Giman pemilik GMA Product Series, distributor busi Brisk.

Penulis : Sheila Respati
Editor : Sheila Respati

Video Pilihan


YANG LAINNYA