Waspada, Bikers yang Terpaksa Beraktivitas di Luar Rumah, BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Angin Hari Ini

Fadhliansyah - Selasa, 7 April 2020 | 09:21 WIB
Genangan air banjir terjadi setelah hujan lebat di berbagai wilayah di Indonesia.  Bikers yang Terpaksa Beraktivitas di Luar Rumah, BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Angin Hari Ini (7/4/2020).
Rianto Prasetyo
Genangan air banjir terjadi setelah hujan lebat di berbagai wilayah di Indonesia. Bikers yang Terpaksa Beraktivitas di Luar Rumah, BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Angin Hari Ini (7/4/2020).

MOTOR Plus-online.com - Bagi bikers yang terpaksa harus beraktivitas di luar rumah hari ini dan besok, harus waspada nih.

Soalnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprediksi akan adanya hujan lebat yang disertai angin kencang.

Hujan lebat dan angin kencang yang turun di beberapa wilayah ini akan berlangsung mulai hari ini (7/4/2020) sampai besok (8/4/2020).

Karena menurut hasil analisis BMKG, saat ini sedang terjadi intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) yang melintasi wilayah Samudera Pasifik Utara Papua.

Baca Juga: Anti Basah Kuyup, Harga Jas Hujan Akhir Maret 2020, Masih Pas di Kantong Bikers

Baca Juga: Musim Hujan Bikin Rem Cakram Motor Jadi Cepat Kotor, Begini Dua Cara Merawatnya

"Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab," ujar Dr Widada Sulistya DEA, selaku Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi, dikutip dari Kompas.com (6/4/2020).

Widada juga menyebutkan bahwa adanya massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Maluku.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang hingga kuat terdapat di 17 provinsi di Indonesia.

"Terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera serta sirkulasi siklonik diSamudra Hindia Selatan Jawa Timur. Konvergensi memanjang dari Sumatera barat hingga Bengkulu, di Laut Timor," ujar dia.

Baca Juga: Ancaman Banjir Belum Berakhir, BMKG Prediksi Cuaca Jakarta Hari Ini Berpotensi Hujan Deras

Source : Kompas.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular