Efek Virus Corona, Mulai Sekarang Motor MotoGP Gak Boleh Upgrade Mesin dan Aerodinamika Sampai 2022

Indra Fikri - Rabu, 8 April 2020 | 18:00 WIB
Facebook/MotoGP
Ada 6 pabrikan dan tampil sampai 22 unit motor MotoGP, ternyata untuk konfigurasi mesinnya hanya 2 macam

MOTOR Plus-online.com - Mulai tahun ini, motor MotoGP sudah tidak boleh upgrade mesin dan aerodinamika hingga tahun 2022 akibat dari virus corona.

Hal ini disetujui oleh Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP, MSMA (pabrikan), Federasi Motorsport International (FIM), dan IRTA (Asosiasi Tim Balap Motor).

Artinya, spesifikasi motor pada awal musim ini tidak berubah hingga akhir 2021.

Langkah ini bukan cuma memangkas biaya pengembangan untuk enam pabrikan, namun juga menghasilkan biaya sewa yang lebih rendah untuk tim independen.

Baca Juga: Pantesan Jago, Jack Miller Doyan Stoppie Pakai Motor MotoGP, Ternyata Modalnya Rutin Begini

Baca Juga: Satu-satunya Nih! Motor MotoGP Dua Kali Ganti Nama Di Era MotoGP 4-Tak

"Kami semua sudah bulat memutuskan untuk mempertahankan spek 2020 sejak seri awal balap MotoGP di Qatar. Spek mesin, serta spek aero, akan dibekukan hingga akhir 2021," kata presiden IRTA dan pemilik tim Tech3, Herve Poncharal kepada Crash.net.

"Itu keputusan yang sangat bagus. Hal ini bisa mengurangi investasi untuk produsen karena berarti sebagian biaya besar penelitian dan pengembangan untuk tahun depan sudah dilakukan," ucap Poncharal.

"Hal ini tidak hanya membantu produsen dalam situasi sulit ini. Tetapi, juga tim karena biaya sewa yang merupakan teknis utama untuk tim, perlu dikurangi karena motor pada musim 2021 akan sama."

Detail lengkap tentang pembekuan mesin memang belum dipublikasikan.

Baca Juga: Duh, Nasib Jorge Lorenzo Balapan MotoGP Dengan Jatah Wild Card Gak Juntrung, MotoGP Catalunya Dipastikan Ditunda

Source : Crash.net
Penulis : Indra Fikri
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.