Pegadaian Kasih Keringanan Bagi Nasabah yang Terdampak Virus Corona, Cara Mengajukannya Gampang Banget

Fadhliansyah - Sabtu, 18 April 2020 | 14:40 WIB
Fadhliansyah/MOTOR Plus
Outlet Pegadaian di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pegadaian kasih keringanan bagi nasabah yang terdampak virus corona

MOTOR Plus-online.com - Bagi brother yang terdampak virus Covid-19 atau Corona dan sedang menggadaikan motornya di Pegadaian, bisa bernafas lega nih.

Soalnya PT Pegadaian (Persero) sudah mengeluarkan kebijakan restrukturisasi bagi nasabahnya yang terdampak virus Corona.

Restrukturisasinya berupa perpanjangan jangka waktu, penundaan pembayaran angsuran, hingga pembebasan denda.

"Kami terus memberikan kemudahan bagi nasabah-nasabah perseroan, diantaranya berupa keringanan pembayaran cicilan sampai dengan satu tahun," kata Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto, pada siaran resminya.

Baca Juga: Simak Nih Bro, Jangan Harapkan Relaksasi Kredit Disetujui Jika Pernah Lakukan Ini

Baca Juga: Jangan Salah Paham, Kebijaksanaan Relaksasi Kredit Motor Buat Ojol Bukannya Libur Bayar Setahun, Ini Penjelasannya

"Untuk mekanisme pemberian keringanannya akan dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di Pegadaian,"  jelas dia.

Kuswiyoto menjelaskan kebijakan ini diterbitkan sebagai respon atas stimulus perekonomian nasional, yang diterbitkan oleh OJK sebagai kebijakan countercyclical dampak penyebaran COVID-19 berbentuk keringanan yang diberikan oleh Pegadaian kepada nasabah.

Nah nasabah-nasabah yang bisa mendapatkan keringanan, adalah nasabah yang memanfaatkan produk-produk seperti Kreasi, Kreasi Ultra Mikro, Kreasi Ekspress Loan, Kreasi Multi Guna.

Dan juga produk Arrum Mikro, Arrum Ultra Mikro, Arrum Ekspress Loan, Amanah, Rahn Tasjily Tanah memiliki usaha tapi mengalami penurunan pendapatan karena dampak penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Pemotor Harus Tahu, Jokowi Siapkan 6 Paket Bantuan Selama Penanganan Covid-19, Termasuk Relaksasi Kredit Motor

"Kami memberikan keringanan kepada nasabah yang memiliki usaha dan mempunyai barang jaminan untuk menunjang kegiatan usahanya," paparnya.

Nah untuk brother yang menggadaikan motornya juga termasuk nih, seperti yang disebutkan oleh Jerry Harvey Wahido, Penaksir di outlet Pegadaian Pasar Baru, Jakarta Pusat.

"Kalau bicara soal motor yang digadaikan juga berlaku, karena ada beberapa produk gadai motor yang mendapatkan relaksasi kredit tersebut," kata Jerry kepada MOTOR Plus-online (18/4/2020).

"Yaitu Produk KCA (motor, STNK dan BPKB semua dijaminkan), lalu Kreasi (hanya BPKBP yang dijaminkan), Kreasi Ultra Mikro, Kreasi Multi Guna, dan juga Amanah, yang merupakan leasing pembiayaan Pegadaian untuk kepemilikan kendaraan bermotor roda 2 atau 4, yang baru ataupun bekas,"" jelas dia.

Baca Juga: OJK Minta Bank dan Leasing Terapkan Relaksasi Kredit Terkait Wabah Corona, Adira Finance Kasih Jawaban Mengejutkan

Tapi untuk mendapatkan keringanan, nasabah harus mengajukan permohonan terlebih dahulu ya.

Hal tersebut agar bisa diketahui, apakah nasabah tersebut sudah sesuai dengan kriteria untuk mendapatkan keringanan.

Untuk mengajukan permohonan relaksasi kredit ini juga gampang banget, enggak perlu keluar rumah.

"Kita menyarankan pengajuan permohonannya dilakukan lewat online, karena dalam rangka physical distancing untuk mencegah penyebaran corona," wanti dia.

Baca Juga: Selesai Libur Lebaran, Banyak Pemotor Mendadak Serbu Pegadaian, Ini Penyebabnya

Source : Pegadaian.co.id
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.