Video Satpol PP Memegang Rotan Seperti Polisi India Viral di Media Sosial, Ternyata Begini Penjelasannya

Fadhliansyah - Sabtu, 25 April 2020 | 08:50 WIB
Istimewa
Video Satpol PP Memegang Rotan Seperti Polisi India Viral di media sosial


MOTOR Plus-online.com - Belakangan viral di media sosial, video Satpol PP yang memegang rotan seperti polisi di Inda.

Video tersebut banyak diunggah di media sosial, salah satunya oleh akun Instagram @agoez_bandz4.

Dari video tersebut, terlihat Satpol PP di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sedang mempersiapkan rotan yang diduga akan digunakan sebagai senjata untuk penertiban warga selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal serupa memang terjadi di India, polisi India menggunakan rotan untuk memukul pemotor atau warga yang masih nekat melintas saat lockdown.

Baca Juga: Jangan Ditiru Bro! Tegal Terapkan PSBB, Pemotor Nekat Jebol Beton Pembatas Agar Bisa Lewat

Baca Juga: PSBB Diperpanjang? Jangan Bosan Yuk Sambil #Ngopreksantuy Pasang Tail Tidy Sendiri di Rumah, Gampang Kok Bro!

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4) pada

Terkait unggahan yang viral di media sosial itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banjarmasin, Ichwan Noor Chalik memberikan penjelasan.

Menurutnya, selama penerapan PSBB itu diakui memang akan ada pengetatan dan patroli dari petugas gabungan.

Namun demikian, ia menampik bahwa rotan yang digunakan tersebut untuk memukul warga, layaknya yang dilakukan polisi di India.

"Polisi India tidak dimaksudkan untuk memukul orang seperti di India, tidak. Kami hanya memberikan pembinaan saja," ujarnya dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Viral, Deretan Honda BeAT Terpakir Rapi di Parkiran SMAN 12 Tangerang, Ternyata Sekolah Ini Lebih Duluan

Pasalnya, penggunaan kekerasan untuk melakukan penertiban warga yang membandel tidak dibenarkan dan tidak ada landasan hukumnya.

"Berita di medsos dan di mana-mana polisi India akan memukul orang tanpa dasar hukum itu tidak benar, karena memang tidak ada dasar hukumnya," imbuhnya.

Terkait dengan evaluasi penerapan PSBB di Banjarmasin, ia menyebut pada hari pertama masih banyak warga yang tidak mengindahkan atau membandel.

Karena itu, ia sangat menyayangkan sikap warga tersebut. Satu sisi ia ingin bersikap tegas, namun disisi lain tidak ada landasan hukum.

Baca Juga: Parkiran Sekolah Kembali Viral di Tangerang, Lagi-lagi Honda BeAT Jadi Sorotan

"Sebenarnya kalau melihat model begini, polisi India harus turun ini, karena tidak ada apa-apanya gitu, warga tidak patuh," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Video Satpol PP Dibekali Rotan Seperti Polisi India, Ini Penjelasannya"

Source : Kompas.com
Penulis : Fadhliansyah
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.