Ini Medan Bung, Tidak Pakai Masker KTP Akan Disita Saat Pandemi Virus Corona

Indra GT - Selasa, 5 Mei 2020 | 13:05 WIB
Dok: Humas Pemko Medan
“Siapapun yang berada di Kota Medan wajib mengenakan masker... kata Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Sabtu (2/5/2020)

 

MOTOR Plus-online.com - Sanksi sita KTP akan diberikan kepada masyarakat kota Medan yang tidak menggunakan masker saat pandemi virus corona.

Pemerintah Kota Medan dengan tegas akan memberikan sanksi yang ditetapkan dalam dalam Peraturan Wali Kota Nomor 11 Tahun 2020.

Perwal No.11 Tahun 2020 yang ditandatangani pada 1 Mei 2020  tentang Karantina Kesehatan dalam rangka percepatan penanganan virus corona.

Medan tidak ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tapi melakukan cluster isolation melalui karantina rumah dan karantina rumah sakit, serta kewajiban mengenakan masker, terutama saat di luar rumah. 

Baca Juga: Peringatan Buat Bikers, Aturan PSBB Semakin Ketat dan Wajib Sesuai KTP Jika Ingin Masuk ke Wilayah Ini

Baca Juga: Waduh, Sudah Mau Dua Minggu Berjalan, Masih Banyak Warga yang Melanggar PSBB Banjarmasin

Mulai Senin (04/05/2020) Pemerintah Kota Medan akan memberlakukan sanksi bagi warga yang melanggar Peraturan Wali Kota Nomor 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid 19).

Seperti diketahui Perwal yang diteken 1 Mei 2020 ini mengatur pemberlakuan cluster isolation melalui karantina rumah dan karantina rumah sakit, serta kewajiban mengenakan masker, terutama saat di luar rumah. 

Perwal ini juga disebut Perwal Karantina Kesehatan. 

Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan, masyarakat Kota Medan yang tidak menggunakan masker masih diberi peringatan, setelah itu, akan diberikan sanksi berupa penarikan KTP atau KTP-nya disita. 

Baca Juga: Penerapan PSBB Nasional Harus Segera Dilakukan, Jubir Pemerintah Penanganan Covid-19: Juli Indonesia Bebas Corona

"Mulai Senin atau Selasa (05/05/2020) ini, bagi yang tidak memakai masker, kita akan kenakan sanksi. Jadi, saling mengingatkan kita. Sanksi yang dikenakan beragam, ada yang bersifat administaratif, ada juga yang bersifat yustisia," kata Akhyar melalui keterangan tertulis ke Kompas.com. 

Menurut dia, masker dinilai dapat mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Untuk mengantisipasi alasan warga tidak memiliki masker, Pemerintah Kota Medan membagikan 3.000 masker gratis di seluruh kelurahan. 

“Siapapun yang berada di Kota Medan wajib mengenakan masker karena masker saya menyelamatkan kalian, masker kalian menyelamatkan saya. Jangan anggap sepele, virus ini bisa saja ada di tangan kita," katanya, saat membagikan 200 paket sembako kepada masyarakat di Jalan Negara, Kecamatan Medanperjuangan, Minggu (03/05/2020).   

Baca Juga: Cegah Curanmor Sampai Begal Saat PSBB Selama Ramadan, Kapolri Ajak Warga Gelar Siskamling

Aksi-aksi kerja sama bantuan sosial  Aksi sosial pembagian 3.000 masker gratis ke warga merupakan inisiatif Mitra Arsitektur Sumut. 

Sementara mewakili Mitra Arsitektur Sumut, Syahlan Jukhri Nasution berharap, apa yang mereka lakukan menjadi inspirasi semua orang untuk melakukan hal yang sama.

Saat membagikan masker, pihaknya menaati protokoler kesehatan untuk menghindari kerumunan.

Pihaknya bekerja sama dengan relawan untuk membagikan masker dan sembako secara door to door, sehingga tidak ada kerumunan massa. 

Baca Juga: Bikers Catat Nih! Dinilai Kurang Maksimal, Pemkot Tangerang Perpanjang PSBB Hingga 15 Mei

"Relawanlah yang membagikan sembako ke rumah-rumah warga terdampak,” kata Syahlan.

Sementara aksi sosial pembagian 200 paket sembako merupakan hasil kerja sama denganPerhimpunan Marga Kho Sumut dengan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut (MITSU). 

"Atasnama Pemkot Medan, kami mengucapkan terima kasih atas bakti sosial pemberian paket sembako kepada masyarakat. Ini wujud kebersamaan dan kepedulian kepada sesama terlebih kepada warga yang merasakan terdampak ekonomi akibat Covid-19 di Kota Medan," kata Akhyar, didampingi Camat Medan Perjuangan Afrizal.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai 4 Mei, Warga Tak Pakai Masker di Medan KTP-nya Akan Disita", 

 

 

 

Source : Kompas.com
Penulis : Indra GT
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.