Gelar Razia Balap Liar, Polisi Amankan 55 Unit Motor Yang Menggunakan Knalpot Blong

Indra GT - Rabu, 20 Mei 2020 | 16:40 WIB
KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMAN
Ilustrasi balap liar yang menggunakan knalpot blong

 

Gridmotor.id - 55 Unit Motor diamankan pihak Kepolisian karena menggunakan knlapot blong saat menggelar razia balap liar.

Balap liar di bulan Ramadhan seperti kegitan rutin yang selalu diadakan oleh para remaja sebelum sahur bahkan ada yang dilakukan setelah Subuh.

Kegiatan balap liar ini sangat mengganggu masyarakat sekitar apalagi suara knalpot blong yang membikin pekak telinga.

Semakin dekat dengan lebaran sepertinya semakin banyak kegiatan balap liar di daerah Siantar.

Baca Juga: Polisi Pasang Beton Buis di Tengah Jalan, Masih Ada yang Berani Balap Liar Enggak Ya?

Baca Juga: Gawat 62 Pelajar Pelaku Balap Liar Ditangkap Polisi 8 Terindikasi Infeksi Corona Kemudian 3 Orang Dilakukan Rapid Tes

Tribun-Medan/lija Magribi
Motor milik pengendara yang membandel karena memasang knalpot blong diamankan di Mapolres Siantar.

Jelang Lebaran, Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Siantar mengambil langkah tegas terhadap pemilik kenderaan sepeda motor yang memodifikasi knalpotnya.

Hal ini lantaran knalpot yang bersuara bising mengganggu kenyamanan pengendara lain.

Kepala Satlantas AKP Muhammad Hasan, mengatakan, pihaknya akan terus melakukan razia di titik yang sering terjadi aksi balapan liar di Kota berjulukan Sapangambei Manoktok Hitei ini.

"Kami tetap patroli dan tunggu mereka di sana," tegas Hasan.

Dari razia yang dilakukan Minggu (17/5/2020) malam tadi, total 55 kendaraan knalpot blong diamankan Satlantas Polres Siantar.

Baca Juga: Niat Baik Membubarkan Balap Liar, Heri Malah Tewas Dikeroyok, Polresta Tangerang Langsung Bertindak

Knalpot blong mengakibatkan polusi suara, mengganggu orang ibadah, belajar di rumah, apalagi orang yang sedang sakit.

Terlebih di situasi saat ini, kata Hasan, Covid sudah membuat pusing ditambah tradisi nakal memasang knalpot blong jelang Idul Fitri membuat bising pada pendengaran.

Hasan juga mengimbau, agar semua elemen terlihat dan memberikan pengawasan serta orangtua mengingatkan kepada anak agar tidak mengganti standar nasional (pabrikan) kendaraan dengan mengganti knalpot blong.

"Gunakanlah kendaraan sebagaimana mestinya, demi keselamatan dan tidak mengganggu kenyamanan masyarakat," pesannya.

Baca Juga: Joki Balap Liar yang Tabrak Penonton Akhirnya Ditangkap Polisi, Ternyata Sosok Joki Profesional

"Semua kegiatan anak berangkat dari rumah. Kalau orangtua tidak awasi dengan cermat, bisa jadi berangkat dari rumah sehat, dapat kabar di rumah sakit sudah jadi korban lakalantas akibat balapan liar," jelasnya.

Sementara, Senin (18/5/2020) siang, Mantan Kasatlantas Polres Dairi ini menyampaikan, kenderaan yang disita, berangsur-angsur dijemput pemiliknya.

"Sudah. Kita minta ganti yang standart itu (sepeda motornya), biar nggak bising lagi," tutup Hasan.

Seorang warga, Fernando, berharap Satlantas Polres Siantar dapat lebih giat mengantisipasi pengendara yang datang dari luar daerah yang masuk ke Siantar untuk berwisata menuju Parapat dalam rangka liburan.

"Soalnya kita sedang melawan masa pandemi Covid-19. Biasanya banyak yang masuk Siantar mau ke Danau Toba ramai-ramai pakai knalpot blong," pintanya.



Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Satlantas Polres Siantar Amankan 55 Sepeda Motor Gunakan Knalpot Blong, 

Source : Tribun-Medan.com
Penulis : Indra GT
Editor : Indra GT




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.