4.000 Personel Gabungan Amankan Malam Takbiran, Tidak Ada Konvoi Motor Lakukan Takbiran Keliling Di Jakarta

Indra GT - Minggu, 24 Mei 2020 | 19:40 WIB
4.000 Personel Gabungan Amankan Malam Takbiran, Tidak Ada Konvoi Motor Lakukan Takbiran Keliling Di Jakarta Jalanan sepi
istimewa
4.000 Personel Gabungan Amankan Malam Takbiran, Tidak Ada Konvoi Motor Lakukan Takbiran Keliling Di Jakarta Jalanan sepi

 

MOTOR Plus-online.com - Malam takbiran bisanya warga padati jalan utama di Jakarta dengan konvoi motor takbir keliling.

Tahun ini malam takbiran sangat beda disaat pandemi virus corona jalanan sepi tidak ada yang lakukan takbir keliling.

Untuk mengantisipasi kerumunan orang saat malam takbiran, 4.000 personel gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP adakan patroli.

Patroli gabungan ini untuk menghalau warga yang masih nekat lakukan kegiatan takbir keliling beramai-ramai.

Baca Juga: Malam Takbiran Kondusif, Kakorlantas Tetap Larang Mudik dan Arus Balik, Siap Hadang Pemudik dengan Cara Ini 

Baca Juga: Bikers Yang Masih Nekat Konvoi Takbiran Beramai-Ramai, Langsung Disuruh Putar Balik

Pada malam takbiran Sabtu (23/5/2020) malam sampai Minggu (24/5/2020) dinihari, hampir semua ruas jalan utama di Jakarta tampak lengang.

Kelengangan dan kelancaran arus lalu lintas juga terjadi di Bundaran HI dan kawasan Monas.

Biasanya di dua lokasi itu kerap dipadati warga di malam takbiran dengan menggelar takbir keliling.

Namun untuk kali ini, tidak terlihat konvoi warga yang menggelar takbir keliling.

Baca Juga: Asik Nih! Bikers Jakarta Diizinkan Gelar Takbiran di Masjid, Tapi Begini Syaratnya

Tampaknya ini karena warga Jakarta mematuhi aturan dan imbauan pemerintah, untuk tidak menggelar takbiran keliling demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan pada malam takbiran di Jakarta, arus lalu lintas berjalan lancar.

Selain itu tidak ditemukan adanya konvoi warga yang menggelar takbiran keliling.

"Warga mematuhi kebijakan pemerintah dan menuruti imbauan tidak takbir keliling. Biar bagaimanapun kebijakan pemerintah adalah yang terbaik untuk memutus penyebaran virus Corona," kata Yusri, Minggu (24/5/2020).

Baca Juga: Bikers Catat Nih, MUI Larang Warga Rayakan Malam Takbiran Keliling, Ikuti Protokol Kesehatan Nasional

Yusri mengaku mengapresiasi kepatuhan warga sehingga tidak menggelar takbiran keliling pada malam lebaran kali ini.

"Kami juga selalu mengimbau agar tidak usah menggelar takbiran keliling," katanya.

Patroli malam takbiran

Sebelumnya Yusri mengatakan Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 4000 personel gabungan untuk mengantisipasi dan memukul mundur warga yang hendak melakukan takbiran keliling di wilayah Jakarta dan sekitarnya, pada Sabtu (23/5/2020) malam.

"Sekitar 4000 personel gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP akan melakukan patroli malam ini, mengantisipasi warga yang akan menggelar takbiran keliling," kata Yusri Sabtu.

Baca Juga: Pemotor Catat Nih, Polisi Akan Perketat Pengawasan di Check Point PSBB Antisipasi Takbir KelilingBaca Juga: Bikers Bisa Coba, Yuk Tetap di Rumah Aja, Begini Cara Nonton Takbir Virtual di Masjid Istiqlal

"Kami melarang takibran keliling, ini juga sesuai surat dan instruksi MUI supaya warga tidak perlu melakukan takbir keliling," paparnya.

Menurut Yusri dari 4000 personel gabungan yang akan diturunkan sebanyak 2.983 adalah personel kepolisian. "Sisanya dari TNI dan Satpol PP," kata Yusri.

Yusri menjelaskan Polda Metro Jaya melarang warga di wilayah hukumnya terutama DKI Jakarta untuk melakukan takbiran keliling pada malam Lebaran tahun ini, guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Bagi yang melakukan takbiran keliling, polisi akan menindaknya mulai dari teguran atau persuasif hingga secara paksa.

Baca Juga: Asik Nih! Bikers Jakarta Diizinkan Gelar Takbiran di Masjid, Tapi Begini Syaratnya

"Jadi tidak boleh takbiran keliling. Karena itu namanya sudah melanggar aturan PSBB dengan membuat kerumunan dan berkeliling Jakarta,” kata Yusri.

Karenanya kata Yusri Polda Metro akan menerjunkan personilnya untuk melakukan imbauan kepada masyarakat agar tidak melalukan takbiran keliling saat malam lebaran tahun ini.

"Saat mereka mau melaksanakan takbiran keliling, kami akan imbau secara persuasif agar tidak dilakukan. Selain itu kita punya tiga pilar dan Babinsa, Bhabinkamtibmas. Nanti mereka akan datang kesana, secara persuasif dan humanis akan disampaikan agar jangan melakukan takbiran keliling," katanya.

Selain itu katanya pihaknya akan melakukan patroli guna memantau ada tidaknya warga yang takbiran keliling pada saat malam takbiran.

"Untuk memastikan situasi aman terkendali, patroli kita lakukan sekaligus patroli PSBB sampai saat ini. Operasi Ketupat juga tetap kita patroli ya,” kata Yusri.

Baca Juga: 3 Hari Lagi Lebaran, Bikers Harus Tau Nih Wamenag Ingatkan Untuk Takbir dan Shalat Id di Rumah

Nekat takbir keliling, dipukul mundur

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas PMJ) Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan pihaknya bakal memukul mundur masyarakat yang nekat melakukan takbir keliling saat masa PSBB masih diberlakukan.

Hal itu dilakukan lantaran telah dikeluarkannya Seruan Bersama nomor C-088/DP-PXI/V/2020 dan Nomor 2.475/SB/DMI-DKI/V/2020 tentang Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H, yang di dalamnya juga melarang diadakannya takbiran keliling.

"Saya pikir kita semua sudah paham dan jelas, bahkan sudah keluar juga surat dari MUI bahwa takbiran dan Solat Ied dilaksanakan di rumah. Khusus untuk takbiran kami akan lebih keras lagi di lapangan. Kami akan pukul mundur," kata Sambodo.

Kendaraan yang ketahuan mengangkut penumpang untuk melaksanakan takbiran keliling juga akan dipaksa putarbalik, baik yang keluar, maupun masuk ke Jakarta.

Baca Juga: Miris, 20.669 Pengendara Motor dan Mobil Langgar Aturan PSBB Jawa Timur, Begini Hukuman dari Polisi

Ia mengimbau agar masyarakat bisa mematuhu imbauan MUI terkait pencegahan penularan Covid-19. Terlebih lagi, DKI Jakarta masih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Imbauan dari MUI sudah jelas, melaksanakan takbiran di masjid atau di rumah masing-masing. Sekali lagi kami imbau masyarakat agar tidak melaksanakan takbir keliling. Kami akan tindak tegas untuk itu," ujarnya.



Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Malam Takbiran Jalan Utama Ibu Kota Sepi, Warga Jakarta Patuh Tak Gelar Takbir Keliling, 

Source : Wartakotalive.com
Penulis : Indra GT
Editor : Indra GT

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular