Green Gasoline Pertamina Bensin dari Kelapa Sawit Bisa Dicampur Pertalite atau Pertamax?

Aong - Sabtu, 25 Juli 2020 | 13:39 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Pertamina
Ilustrasi SPBU Pertamina

MOTOR Plus-online.com - Pertamina produksi green gasoline bensin dari kelapa sawit bisa dicampur dengan Pertalite atau Pertamax?

Sebagaimana kita ketahu PT Pertamina (Persero) sedang fokus mengembangkan produksi bahan bakar ramah lingkungan atau green energy.

Selain menjaga lingkungan, energi ramah lingkungan didorong untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang sumbernya terus menipis.

Minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) jadi komoditas utama energi baru terbarukan (EBT) yang digunakan Pertamina untuk substitusi bahan bakar fosil dan menghasilkan energi ramah lingkungan.

Baca Juga: Terbaru Harga Bensin Pertamina Jelang Idhul Adha Termahal di 2 Daerah ini Daripada di Indonesia Timur

Baca Juga: Harga Bensin Terbaru Juli 2020, Pertamina, Shell, Vivo, Total dan BP AKR, Bensin Premium Tetap Paling Murah

Pertamina berhasil memproduksi minyak kelapa sawit jadi bensin green gasoline, solar D-100 dan avtur (bahan bakar pesawat).   

Uji coba green gasoline sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan 2020, di fasilitas Kilang Plaju dan Kilang Cilacap. Hasil uji coba disebut berhasil.

Namun uji coba tersebut baru mampu mengolah minyak sawit RBDPO sebesar 20 persen.

Wakil Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Budi Santoso Syarif, mengatakan, meski baru 20% pertama di dunia mengingat mengolah minyak sawit menjadi Green Gasoline belum pernah dilakukan dalam skala operasional.

Penulis : Aong
Editor : Aong

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular