Advertorial

Temukan Perangkat Penjaga Jarak Fisik, Rafhi Ajak Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

Nana Triana - Jumat, 20 November 2020 | 12:27 WIB
Dok. AHM
M. Rafhi Rihadatusyawal dari SMK Mitra Industri MM2100, Jawa Barat menguji alat penjaga jarak fisik temuannya.

MOTOR Plus-Online.com - Pandemi Covid-19 telah menyebabkan ketakutan dan kecemasan bagi banyak orang, terutama terkait dengan protokol kesehatan yang semakin diabaikan.

Hal ini mendorong M Rafhi Rihadatusyawal, siswa SMK Mitra Industri MM2100, Jawa Barat memutar otak dan memanfaatkan kreativitasnya untuk menghadirkan solusi yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anak seusianya.

Sore itu, Rafhi duduk di meja belajar sembari memperhatikan dengan cermat sebuah perangkat berbentuk kotak yang diletakkan di meja tersebut.

Sesekali tangan kanannya menggenggam solder listrik, sedangkan tangan kiri menjepit seutas timah. Kedua tangannya bekerja sama mengutak atik sebuah kotak kecil.

Baca Juga: Crazy Rich Surabaya Unboxing Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Seharga Rp 1,1 Miliar

Asap tipis dari timah yang terbakar panasnya solder menerpa wajahnya, membuat Rafhi sesekali menghela nafas. Namun di sela-sela keheningan saat itu, suara nyaring terdengar dari kotak kecil dan membuat Rafhi tersenyum bahagia.

Ya, pemuda asal Cikarang ini, berhasil menciptakan sebuah alat untuk mendeteksi jarak fisik minimal antar-manusia di masa pandemi.

Dengan alat ini, diharapkan masyarakat dapat menjaga jarak saat beraktivitas di tempat umum. Alat ini akan bersuara memperingatkan pemakainya agar menjauh, dengan yang lain ketika mendeteksi tubuh berjarak kurang dari 1,5 meter.

Dok.AHM
Rafhi pelajar asa Cikarang, saat menciptakan alat pendeteksi jaga jarak.

“Alat ini dapat mengingatkan kita untuk tetap waspada dan aman dalam beraktivitas di masa pandemi. Semoga karya Distance Sensor saya dapat bermanfaat untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dan bersama kita bisa membangun Indonesia menjadi bangsa modern yang maju,” ujar Rafhi yang saat ini duduk di bangku kelas 12 SMK melalui keterangan pers yang diterima Motorplus Kamis (18/11/2020).

Penulis : Nana Triana
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.