Bikers Wajib Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Begini Kata BMKG

Erwan Hartawan - Senin, 23 November 2020 | 14:15 WIB
Yusron Naufal Putra
Bikers catat, peringatan dini dari BMKG cuaca ekstrem sepekan ke depan

MOTOR Plus-Online.com - Bikers wajib waspada nih bakal ada potensi cuaca eskrem sepeken mendatang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan terjadi pada 21-27 November 2020.

Hal ini karena adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Hindia di barat Bengkulu dan Laut Jawa di selatan Kalimantan.

Mengutip dari Kompas.com, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, mengatakan, adanya sirkulasi itu akan membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin atau konvergensi di sejumlah wilayah.

Baca Juga: Hati-hati Bikers! Indonesia Berpotensi Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan, 28 Wilayah Ini Terancam

Baca Juga: Bikers Jangan Lupa Jas Hujan! BMKG Prediksi Jabodetabek Hari ini Diguyur Hujan Siang Hingga Sore

Kondisi ini diprediksi terjadi mulai dari Sumatera Utara hingga perairan barat Bengkulu, Selat Karimata bagian utara, Papua bagian barat hingga Maluku bagian selatan, dan Kalimantan Tengah hingga Selat Karimata bagian selatan.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," kata Guswanto.

Ia menyebutkan, analisis yang dilakukan BMKG menunjukkan adanya kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam sepekan ke depan dan bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah.

"Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan," kata dia.

Source : kompas
Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Indra GT

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular