Asyik Motor Listrik Bebas Biaya PKB serta BBNKB, Bayar Pajak Tahunan Jadi Murah Meriah

Erwan Hartawan - Rabu, 25 November 2020 | 18:00 WIB
Naufal Shafly/GridOto.com
Ilustrasi Motor Listrik

MOTOR Plus-Online.com - Asyik nih motor listrik dapat sejumlah insentif fiskal lo, bayar pajak tahunan jadi murah meriah?

Insentif tersebut termasuk biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pembebasan tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Hal ini tercantum dalam Perpres Nomor 55 Tahun Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraaan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan, Pasal 19 Ayat 3 menjelaskan:

(3) Pemberian insentif pembebasan atau pengurangan pajak daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c berupa Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) diatur lebih lanjut dalam peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam dalam negeri.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Motor Bensin dan Motor Listrik Beda Cara Uji Cobanya

Baca Juga: Jangan Bingung Ngecas Motor Listrik Di Mana, 7000 SPLU Sudah Tersebar di Indonesia, Di Jakarta Berapa?

Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pandu Yunianto mengatakan kebijakan tersebut tergantung dari daerah.

"Terkait dengan perpajakan merupakan kewenangan provinsi sehingga masing-masing daerah itu bisa berbeda," kata Pandu dalam webinar, Rabu (25/11/2020).

Namun, menurut Pandu terdapat daerah yang memberikan kebijakan fiskal PKB dan BNN-KB sebesar 0 persen.

"Untuk Jakarta 0 persen, ini kebijakan fiskal yang diberlakukan untuk kendaraan listrik.

Penulis : Erwan Hartawan
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.