Jangan Harap Bisa Tenang Kepemilikan SIM Bisa Dicabut Kapan Saja, Polisi Kasih Alasan

Aong - Selasa, 1 Desember 2020 | 17:35 WIB
Kepemilikan SIM bisa dicabut kapan saja diterangkan oleh polisi
Fadhliansyah/MOTOR Plus
Kepemilikan SIM bisa dicabut kapan saja diterangkan oleh polisi

MOTOR Plus-online.com - Banyak yang merasa tenang jika sudah memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi bisa berkendara seenaknya.

Tapi, jangan harap bisa tenang karena kepemilikan SIM bisa dicabut kapan saja seperti diterangkan oleh polisi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, pencabutan SIM seseorang ada kriterianya tersendiri.

Misalkan saja, pengendara tersebut melakukan pelanggaran lalu lintas hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas, dan pelanggaran lalu lintas secara berulang kali.

Baca Juga: Waduh, Gak Datang ke Sidang Tilang, SIM dan STNK Bisa Diblokir? Polisi Jawab Begini

Baca Juga: Asyik Banget! Urus SIM Hilang Gak Perlu Ikut Tes Lagi, Polisi Kasih Tahu Caranya

SIM bisa dicabut misalkan melakukan pelanggaran lalu lintas berulang kali, melakukan pelanggaran berat. Jadi SIM bisa dicabut dengan keputusan pengadilan,” kata Sambodo beberapa waktu lalu dikutip dari Kompas.com .

Mengenai sanksi pencabutan SIM ini diatur dalam pasal 89 ayat (1) yakni Kepolisian Negara Republik Indonesia berwenang memberikan tanda atau data pelanggaran terhadap SIM milik pengemudi yang melakukan pelanggaran tindak pidana lalu lintas.

(2) Kepolisian Negara Republik Indonesia berwenang untuk menahan sementara atau mencabut SIM sementara sebelum diputus oleh pengadilan.

(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai pemberian tanda atau data pelanggaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penulis : Aong
Editor : Ahmad Ridho

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular