Advertorial

Jangan Belajar Sendiri, Yuk Intip 9 Rekomendasi Tempat Belajar Motor yang Aman

Fathia Yasmine - Kamis, 25 Februari 2021 | 14:54 WIB
Dok. Honda
DAM Safety Riding Center Bandung, salah satu Safety riding center Honda

Motorplus-Online.com – Sebagian besar orang di Indonesia belajar mengendarai motor tanpa pendampingan instruktur dan tempat latihan khusus. Jalan raya menjadi trek latihan dan orang-orang terdekat menjadi pelatihnya.

Keterampilan mengendarai, seperti mengendalikan tekanan gas untuk melaju, konsep pergantian gigi bagi pengguna motor kopling, rem, berbelok, hingga berputar memang dapat dikuasai. Namun, ada satu hal penting yang sering luput dari sesi latihan motor secara mandiri, yaitu penguasaan soal teknik berkendara yang aman (safety riding).

Untuk itu,  PT Astra Honda Motor (AHM) tergerak untuk menyediakan fasilitas latihan berkendara yang aman dan berbasis edukasi dasar (safety riding).  

GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin menyebut, saat ini AHM bersama jaringan dealernya telah menyediakan sembilan lokasi pelatihan yang terdiri dari 1 AHM Safety Riding Park dan 8 Safety Riding Center yang tersebar di berbagai lokasi.

Baca Juga: Street Manners: Teknik Pengereman yang Benar, Pakai Berapa Jari?

“Sembilan fasilitas safety riding ini bisa jadi tempat belajar buat masyarakat untuk bersama-sama mengasah skill dan membangun budaya keselamatan berkendara. Para instruktur safety riding kami (AHM) juga siap menemani," ujarnya melalui pernyataan tertulis Senin, (22/2/2021).

AHM menyiapkan 158 instruktur safety riding untuk membantu proses latihan di fasilitas tersebut. Para instruktur ini sudah lulus uji kompetensi Safety Riding Instructor Training (SIT).

Adapun uji kompetensi tersebut terbagi atas pengetahuan dasar safety riding, kemampuan public speaking dan pertolongan kecelakaan, kemampuan mengendarai off road dan big bike, kemampuan menyusun strategi penyampaian materi, hingga kemampuan mendesain training safety riding.

AHM bersama para instruktur kini juga tengah aktif berkampanye mengenai safety riding kepada berbagai elemen masyarakat secara daring. Muhibbudin mengatakan, meski pandemi belum usai, pihaknya berupaya memaksimalkan kampanye safety riding dengan memaksimalkan peran instruktur dan fasilitas yang ada.

Baca Juga: Biar Makin Erat, ARCI Bolmong Chapter Gelar Anniversary Pertama

Penulis : Fathia Yasmine
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.