Motor Jadul Diisi Oli Sintetik Apa Aman? Begini Jawaban Dari Pertamina

Indra Fikri - Kamis, 25 Februari 2021 | 20:15 WIB
Tribunnews.com
Motor jadul di bawah tahun 2000-an diisi oli sintetik apakah aman? Begini jawaban dari Pertamina Lubricants.

MOTOR Plus-online.com - Motor jadul di bawah tahun 2000-an diisi oli sintetik apakah aman? Begini jawaban dari Pertamina Lubricants.

Banyak yang mengatakan bahwa motor-motor jadul di bawah tahun 2000-an enggak baik diisi oli sintetik dibanding oli mineral.

Ya, hal ini dikarenakan spesifikasi dari mesin motor jadul mempunyai clearance yang sudah lebih longgar.

Terlebih, masa pakai pelumasnya tidak terlalu lama pada jaman dahulu.

Baca Juga: Update Harga Oli Motor Terbaru Januari 2021, Kuy Dicek Murah Meriah Lo

Baca Juga: Motor Kebanjiran, Oli Motor Jadi Mirip Kopi Susu, Kok Bisa?

"Dari sudut pandang teknis, kami lebih fokus ke tingkat kekentalan (SAE) dan tingkat mutu (API Service)," buka Brahma Putra Mahayana, Jr. Technical Specialist HSD Engine Oil PT Pertamina Lubricants.

"Adapun apapun jenis base oilnya baik mineral atau sintetik, pada akhirnya akan mengikuti dua standard tingkatan tadi," lanjutnya.

"Atau, dalam bahasa yang lebih vulgar bisa dibilang, mau mineral atau sintetik asal SAE dan API Servicenya sesuai, maka sah-sah saja," ungkap Brahma.

"Nah beberapa SAE dan API Service tertentu memang pada akhirnya akan bisa dipenuhi hanya oleh yg sintetis, jd alurnya seperti itu," sebutnya.

Penulis : Indra Fikri
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular