Valentino Rossi Blak-blakan Pilih Swing Arm Ini Di MotoGP Portugal 2021

Joni Lono Mulia - Sabtu, 17 April 2021 | 14:00 WIB
Sepang Racing Team
Valentino Rossi blak-blakan piliha swing arm motor aluminium di MotoGP Portugal 2021 pakai tipe aluminium (kanan) dan pakai tipe serat karbon (kiri) di MotoGP Portugal Qatar (tanda panah putih)

MOTOR Plus-online.com - Valentino Rossi blak-blakan alasan pilih swing arm (lengan ayun) aluminium di MotoGP Portugal 2021 ketimbang di 2 ronde sebelumnya.

Valentino Rossi sempat menjelaskan di 2 ronde MotoGP Qatar dan Doha 2021 mengandalkan lengan ayun (swing arm) serat karbon atau carbon fiber (CRFP).

Namum demikian, Valentino Rossi kemudian memakai swing arm aluminium ketimbang serat karbon di sejak latihan pemanasan (WUP) hingga balapan MotoGP Doha 2021, (4/4/2021).

Valentino Rossi mengungkapkan kalau performa swing arm aluminium lebih bisa merasakan ritme balapan yang konsisten.

Baca Juga: Valentino Rossi Ungkap Kesulitan Di FP1 dan FP2 MotoGP Portugal 2021

Baca Juga: Murid Valentino Rossi Kenceng Berlari, Guru Posisi Segini Di FP2 MotoGP Portugal 2021

Beda dengan swing arm serat karbon Valentino Rossi mengalami masalah ban belakang yang cepat aus.

"Kemudian mengubah setting dengan ganti swing arm serat karbon ke aluminium, ritme balap lebih konsisten," ungkap Valentino Rossi.

"Benar saja ubahan setting motor MotoGP Yamaha M1 saat balap ritmenya konsisten,"

"Sayang startnya di belakang jadi susah untuk bisa maju," imbuh Valentino Rossi.

Dengan ubahan setting yang membuat performa motor MotoGP Yamaha M1 Valentino Rossi di MotoGP Doha.

Baca Juga: Hasil FP2 MotoGP Portugal 2021, Francesco Bagnaia Tercepat, Valentino Rossi Melorot

Disebut-sebut setting MotoGP Doha itu pun jadi basis setting motor MotoGP Yamaha YZR-M1 Valentino Rossi di MotoGP Portugal 2021.

Namun begitu, Valentino Rossi menampik bila dasar setting motor MotoGP Yamaha M1 itu berdasarkan settingan motor di MotoGP Doha dua pekan lalu.

"Tidak seperti itu, memang di MotoGP Qatar dan Doha saya mengganti setting motor Yamaha M1 dari swing arm serat karbon ke aluminium," ujar Valentino Rossi menjawab pertanyaan MOTOR Plus-online di sesi tanya jawab online Petronas Yamaha SRT, Jumat (16/4/2021).

Valentino Rossi dengan blak-blakan settingan motor MotoGP Yamaha M1 pakai swing arm aluminium berdasarkan setting di MotoGP Portugal 2020.

"Jadi memang saya pakai swing arm di motor M1 saya di MotoGP Portugal ini berdasarkan setting tahun lalu," kata Valentino Rossi.

Baca Juga: Valentino Rossi Ngaku Dapat Sesuatu di Qatar, Buat Modal di MotoGP Portugal 2021

"Dan sepertinya saya bakal pakai swing arm aluminium ketimbang swing arm serat karbon," imbuh The Doctor julukan Valentino Rossi.

MOTOR Plus-online kembali menanyakan perbedaan mencolok antara motor Yamaha M1 pakai swing arm serat karbon dan aluminium.

"Sebenarnya tidak terlalu mencolok, hanya saja swing arm serat karbon bikin motor lebih rigid performanya ketimbang aluminium."

"Aluminium rasanya bisa lebih konsisten race pace-nya," pungkas Valentino Rossi.

Itulah dia alasan Valentino Rossi kenapa pilih atau ganti pakai swing arm aluminium di motor Yamaha M1-nya pas MotoGP Portugal 2021 akhir pekan ini.

Baca Juga: Orang Dekatnya Meyakinkan Bahwa Valentino Rossi Belum Akan Pensiun

Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.