Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Menjaga Kondisi Aki Motor

Yuka Samudera - Sabtu, 15 Mei 2021 | 22:10 WIB
ADEN
Cek aki motor secara berkala.

MOTOR Plus-Online.com - Battery atau aki merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan pada sepeda motor.

Namun, banyak dari masyarakat yang seringkali mengabaikannya karena masih bingung mengenai cara pemeliharaan dan penggantian komponen tersebut.

Secara umum, keberadaan Aki berfungsi untuk menghasilkan arus listrik yang mengaktifkan komponen elektrikal pada sepeda motor seperti starter motor, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrik lainnya.

Jika melihat fungsinya yang begitu vital, maka para pengguna sepeda motor harus benar-benar memperhatikan kondisi Aki agar motor dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu, Kabel Mana yang Dilepas Duluan Saat Mau Copot Aki Motor

Baca Juga: Trik Aki Motor Tahan Sampai 7 Tahun Elektrik Starter Tetap Normal

Ada beberapa cara untuk menjaga kondisi Aki, seperti melakukan pengecekan berkala, tidak memaksa menggunakan starter ketika motor tidak mau menyala dan berhati-hati ketika melakukan modifikasi.

Khususnya, jika part pengganti justru membebani kinerja Aki itu sendiri.

Dan jika Aki sudah rusak atau soak, maka dalam menggantinya juga harus memastikan bahwa aki baru merupakan Genuine Part (komponen asli) yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis motor.

Dok. YIMM
Jangan Sepelekan, Ini Pentingnya Menjaga Kondisi Aki Pada Motor

Untuk motor-motor Yamaha, pastikan selalu menggunakan Battery atau Aki Asli Yamaha karena kualitasnya yang telah terjamin dan lebih tahan lama.

Source : Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Penulis : Yuka Samudera
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.